Seni Googling

Google yang kita kenal hanya mesin pencari yang membantu untuk mencari informasi. Ketika masukan kata kedalam search Engine, maka google akan mencari semua halaman yang mempunyai kata tersebut. Hasil yang ditampilkan sangat beragam.
Maka dengan pencarian biasa hasil yang ditampilkan begitu beragam. berikut adalah seni googling untuk hasil pencarian pada google agar lebih baik akurat dan tepat.

1. mengunakan tanda petik "kata kunci"
Tanda petik dapat digunakan untuk pencarian yang khusus, artinya Google akan mencari kata yang terdapat dalam tanda petik guna memperkecil kesalahan pencarian,
2. Pencarian File berdasarkan Tipe File
Google tidak hanya mampu mencari kata dalam suatu halaman situs/website saja, google juga mempunyai kemampuan untuk mencari isi dari sebuah file. Sebagai contoh cari file PDF (eBook) yang memppunyai kata apapun, caranya hanya menggunakan operator filetype:. "filetype:PDF apapun". Karena syntax ini sangat sensitive, maka harus memperhatikan setiap huruf yang kita ketik, Ini berlaku pada semua operator. Google akan mencari file PDF yang ada kata apapun. Sebagai Informasi, Google bisa mencari 13 type document, yaitu :  Adobe Portable Document Format (PDF) Adobe PostScript (ps) Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku) Lotus Wordpro (lwp) MacWrite (mw) Microsoft Excel (xls) Microsoft Word (doc) Microsoft PowerPoint (ppt) Microsoft Works (wks, wps, wdb) Microsoft Write (wri) Rich Text Format (rtf) Shockwave (swf) Text (txt), dan lain-lain.
3.Mencari Bagian dari URL
Pada umumnya kita mencari berdasarkan isi dari sebuah halaman HTML, tapi sebenarnya proses pencarian bisa sangat bervariasi sekali, kita bisa mencari bagian URL yang tidak dapat kita ketahui dengan cara tertentu. Sebagai contoh saya ingin mencari URL yang ada kata forum, seperti myquran.org/forum. Pencarian ini bisa dilakukan dengan menggunakan syntax inurl dan allinurl Fungsi keduannya sama saja yaitu mencari URL, perbedaannya adalah inurl bisa digabung dengan operator lain sedangkan allinurl tidak bisa digabung dengan operator lain. Sebagai contoh, masukan kata inurl:admin forum maka hasil pencarian yang ditampilkan adalah situs-situs yang mempunyai kata Admin pada URL dan Forum pada halaman isi.
Berbeda dengan jika kita memasukan allinurl:admin forum dimana perintah ini akan menampilkan semua situs yang mempunyai kata admin dan forum pada URL nya. Sama seperti operator filetype, setelah kata inurl atau allinurl kamu tidak boleh menggunakan spasi.
4.Mencari berdasarkan Title
Operator intitle dan allintitle adalah operator yang khusus digunakan untuk mencari kata didalam title sebuah situs. Title adalah suatu judul dalam situ/website tertentu. Sebagai contoh saya ingin mencari website yang ber-title/judul Free eBook maka masukan operator intitle:Free eBook
Nah operator intitle dan allintitle berfungsi untuk mencari title yang digunakan sebuah situs. Untuk operator allintitle silahkan kamu coba sendiri dan liat perbedaannya.
5.Mencari Site
Operator ini berfungsi untuk mencari kata tertentu dalam situs/website. Sebagai contoh saya ingin mencari kata Internet pada situs chip.co.id, maka syntax yang saya masukan adalah site:www.chip.co.id Internet. operator ini sama dengan mencari sesuatu pada situs yang dikunjungi.
6.Mencari Link
Operator ini berfungsi untuk mencari situs-situs mana saja yang mempunyai link tertentu, Contohnya saya akan mencari situs mana saja yang memuat Link ke situ www.detik.com maka masukan syntax link: www.detik.com.
bisa menggabungkan operator-operator diatas agar pencarian lebih maksimal, jangan takut mencoba menggabungkan operator-operator tersebut. Sebetulnya masih banyak syntax - syntax yang bisa digunakan tapi apagunanya materi diatas kalau tidak di aplikasikan untuk mencari syntax lainnya.

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari