Fungsi dan Istilah Squid Web Proxy

Proxy adalah sebuah fungsi/tugas yang dijalankan suatu perangkat jaringan, biasanya sebagai perantara antara client dan server. Lebih ditujukan untuk mengatur akses client ke server. jadi Proxy berarti fungsi.
Ada beberapa jenis proxy, ada web proxy, ada irc proxy dan lain-lain.
Sedangkan squid, adalah sebuah software yang dapat menjalankan fungsi squid di mesin Linux (umumnya), kalo di mesin windows yang dapat menjalankan fungsi proxy contohnya freeproxy, wingate, winroute, winproxy, dll.
Proxy server adalah komputer server dan/atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya, fungsinya untuk melakukan request terhadap content/halaman/objek dari Internet atau intranet.
Proxy Server bertindak sebagai gateway ke dunia Internet untuk setiap komputer klien, Proxy server tidak terlihat (software) oleh komputer klien. Jadi jika seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server dia tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request/permintaan content/halaman/objek yang dilakukannya. Web server (website server) yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki fungsi yang lebih banyak daripada router yang memiliki fitur packet filtering, karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server-pun juga bisa berfungsi sebagai sebuah “satpam/security” untuk sebuah jaringan pribadi yang umum dikenal sebagai firewall.
Sedangkan Squid adalah sebuah aplikasi server yang stabil dengan performance yang tinggi, selain juga free alias gratis karena open source software, dan juga merupakan aplikasi web proxy yang fleksibel untuk digunakan sebagai web cache.
Secara umum fungsi atau kegunaan Squid dapat dibagi ke dalam dua fungsi penting, yaitu:
Pertama, Squid server menerima permintaan-permintaan halaman (object) web dari client dan mengambilkan halaman (object) web untuk diberikan kepada client. Oleh karena itulah Squid berlaku sebagai Proxy.
Kedua, Squid server menyimpan dan memberikan halaman-halaman (objects) web yang diminta client dari media penyimpanan lokal (local disc) setelah suatu permintaan yang pertama kali terhadap halaman (object) web terpenuhi, sehingga permintaan yang sama terhadap halaman web tersebut berikutnya tidak perlu diambil secara langsung ke website server melainkan dapat diambil dari halaman (object) web yang telah tersimpan di local disk. Hal inilah yang sering disebut dengan fungsi “caching” dan disebut web cache.
Jadi…Proxy adalah sebuah fungsi, sedangkan squid adalah software yang menjalankan fungsi proxy.
sumber:http://realish.net/tips-trick/istilah-dan-fungsi-guna-squid-web-proxy/

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari