Belkin N750 DB Wireless Simultaneous Dual Band Router

Belkin N750 DB Wireless Simultaneous Dual Band Router

BARU Belkin N750 DB Simultaneous Dual Band Router yang merupakan seri terbaru dari Belkin dengan speed sampai 450Mbps pada 5GHz band dan sampai 300Mbps pada 2.4GHz band.
Tidak mau ketinggalan dengan para pesaingnya Linksys dan Netgear, Belkin juga mengeluarkan seri terbaru mencakup semua standard wireless router dari wireless N150; N300; N450; N600 sampai seri N750. Kedua router terakhir dibesut dengan technology dual band (DB) simultaneous yaitu Belkin N600 DB dan Belkin N750 DB.
Sebenarnya Belkin sedikit terlambat dengan pesaingnya yang telah lebih dahulu beberapa bulan telah meluncurkan wireless router dengan technology N750 yaitu Linksys E4200 dan WNDR4000 N750. Keduanya dibesut dengan technology yang sama yaitu N750 dengan speed sampai 450Mbps pada 5GHz band serta sampai 300Mbps pada band 2.4GHz. keduanya beroperasi secara bersamaan sehingga anda bisa mengakomodasi wireless client campuran baik yang bekerja pada 2.4GHz ataupun 5GHz band sekaligus.
Apa Yang Baru Dengan Belkin N750 ini?
Belkin N750 DBSeperti pada semua router terbaru keluaran setelah diratifikasikannya standard 802.11n, Belkin N750 DB dibesut dengan wireless 802.11n dengan simultaneous dual band dimana kecepatan pada 5GHz band bisa sampai 450Mbps dan pada 2.4GHz band bisa sampai 300Mbps, dengan dukungan antenna Multi-beam untuk sinyal yang lebih kuat sehingga meniadakan dead spots pada lorong-lorong terjauh rumah anda. tentunya ini adalah kecepatan teori secara physical. Dalam kenyataannya anda tidak akan pernah mencapai kecepatan ini secara wireless.
Disamping technology N750 Belkin router ini juga dilengkapi dengan port Ethernet Gigabit baik pada interface WAN (1-port) maupun LAN (4-port). Tentunya jika computer anda dilengkapi dengan gigabit NIC adapter, anda bisa memanfaatkan gigabit speed ini. Dengan gigabit port WAN tentunya berguna kalau port modem anda juga berkecepatan gigabit. Rasanya kalau untuk layanan Internet ADSL apa ada modem yang mendukung port gigabit Ethernet kecuali modem Cable missal Surfboard SB6120 DOCSIS 3.0 cable modem. Di Indonesia layanan Cable Internet kurang begitu popular kecuali di kota-kota besar macam Jakarta. Anda harus menggunakan jenis kabel UTP Cat5e atau Cat6 untuk bisa mendukung kecepatan gigabit ini.
2 USB Ports
Dalam lingkungan kantor rumahan anda bisa memanfaatkan Belkin N750 DB ini untuk keperluan “kerja dan main”. Anda bisa memanfaatkan satu port USB untuk sharing storage dan satu port USB satunya lagi untuk sharing printer agar bisa diakses oleh semua user didalam jaringan anda. Tidak banyak router sekelas Belkin ini yang dibesut dengan dua buah port USB, biasanya  hanya satu buah port USB itupun hanya bisa dipakai untuk sharing storage. Dengan dukungan port USB untuk sharing printer, anda tidak perlu beli lagi sebuah wireless print-server sehingga lebih hemat biaya. Dengan dukungan software USB print and storage manager anda bisa me-manage dan memonitor penggunaan storage, printer, scanner, drive dan perangkat apapun yang terkoneksi.
Disbanding dengan pesaingnya Linksys E4200 dan WNDR4000 yang hanya dilengkapi dengan satu buah port USB saja, itupun hanya bisa dipakai untuk sharing storage tidak untuk sharing printer, maka Belkin N750 ini lebih punya nilai tambah disbanding keduanya. Satu lagi pesaing dari Belkin N750 DB ini adalah Asus RT-N56U Black Diamond yang juga sama-sama dilengkapi dengan dua buah USB port, akan tetapi Asus ini dibesut dengan technology wireless N600.
System Security
Semua standard keamanan yang harus dipunyai oleh sebuah wireless router ada pada Belkin N750 DB ini termasuk dual firewall feature (NAT & SPI) dan enkripsi koneksi wireless WPA/WPA2.
Seperti halnya pada Linksys E4200 dan WNDR4000, Belkin N750 DB juga mendukung Guest network yang memungkinkan anda bisa memberikan akses Internet kepada teman anda saat berkunjung kerumah tanpa harus memberikan akses jaringan local anda. Belkin mendukung 3 buah SSID, satu SSID tiap band dan Guest SSID yang bisa anda dapatkan dari karu Network Information dibawah router anda. Akan tetapi WNDR4000 mendukung satu Guest network tiap band jadi total 4 SSID.
Tidak seperti halnya router yang didesign untuk business, Belkin N750 ini tidak mendukung VPN natively, akan tetapi hanya melewatkan semua jenis protocol VPN termasuk IPSec, PPTP dan L2TP. Jika anda menginginkan router untuk business kecil anda dan membutuhkan dukungan VPN natively, maka anda bisa mempertimbangkan Cisco RV120W VPN router.
Untuk spesifikasi lengkap dari Belkin router N750 DB, klik link  ini.
Skema Jaringan
Gambar 2 menunjukkan diagram jaringan dari Belkin N750 DB router yang terhubung kepada modem (baik cable maupun DSL). Printer dan storage di share lewat jaringan dengan dikoneksikan kepada router lewat kedua USB port. Jika ada beberapa home theater dirumah anda missal XBOX console, Blu-Ray player dan HDTV anda bisa menggunakan wireless bridge multiple port. Belkin dilengkapi dengan applikasi Video Mover agar memudahkan anda streaming media dari storage ke streaming adapter ke HDTV anda.
Belkin N750 diagram
Belkin N750 DB adalah router simultaneous dual band yang merupakan solusi ideal untuk rumah kantor anda sekaligus untuk performa bagus buat streaming dan gaming.

sumber:http://www.sysneta.com/belkin-n750-db-wireless-simultaneous-dual-band-router

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari