Mempercepat Koneksi Internet LAN

Mempercepat Koneksi Internet

Apa sich yang diharapkan bagi kebanyakan pengguna Internet – tidak lain adalah kecepatan akses baik saat browsing ataupun saat download. Pada dasarnya banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet antara lain: line / jalur yang tidak bagus antara rumah pelanggan ke Central office terdekat; masalah disisi Central office (ISP), software boncengan di komputer kita (misal Malware), masalah pada komputer kita sendiri, dan hampir sebagian besar disebabkan oleh sisi server Website yang kita kunjungi disisi ujung koneksi internet kita. Jadi bagaimana cara mempercepat koneksi internet?
penjelasan aliran paket dns koneksi ke internetSebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara mempercepat koneksi internet, kita perlu mengetahui prinsip dasar dari cara kerja internet itu sendiri. Saat kita mengetikkan suatu alamat website tertentu misal www.sysneta.com lewat browser kita di komputer, ada suatu mekanisme yang menterjemahkan www.sysneta.com kedalam suatu IP address oleh DNS resolver atau DNS server. Perhatikan diagram berikut ini.
Jika komputer kita berada pada suatu jaringan dimana tidak ada DNS server yang bisa me-resolve host-name (dari host-name menjadi IP address) atau ada DNS resolver local akan tetapi tidak bisa meresolve suatu permintaan – maka permintaan tersebut di forward ke luar lewat gateway (router). Kalau misalkan komputer kita di rumah berlangganan internet lewat Speedy, maka permintaan DNS tersebut di forward keluar ke DNS server yang ada di kantor Telkom (yaitu DNS1 dan DNS2). Setelah DNS server di Telkom menemukan IP address dari yang di minta (misalkan www.sysneta.com mempunyai IP=202.102.10.211), maka IP dikembalikan kepada komputer yang memintanya dan baru komputer tersebut memakai IP=202.102.10.211 tersebut untuk menuju ke server dengan IP tersebut. Jadi ada delay yang relative agak lama jika yang me resolve host-name adalah dari DNS server diluar jaringan kita.
Umumnya saat kita berlangganan ke suatu ISP, tentunya ada perjanjian layanan setidaknya kita tahu berapa lebar bandwidth yang akan kita terima. Jika kita menggunakan sambungan dial-up modem lewat sambungan telpon seperti pada umumnya misal dial-up kepada layanan Telkomnet Instan, maka lebar bandwidth terbatas pada maksimal 56 Kbps saja. Jadi usaha kita untuk mempercepat koneksi internet tentunya tidak akan melewati batasan architecturenya. Sambungan Internet Cable dengan modem Janis DOCSIS 3.0 bisa memberikan infrastructure sampai kecepatan 300 Mbps – tentunya tergantung infrastructure ISP apakah DOCSIS 3.0 compliant atau masih DOCSIS 2.0.
Jika masalah kelambatan suatu internet bersumber pada sisi ISP, atau disisi Server website tujuan kita, maka itu diluar kendali kita. Akan tetapi kita bisa memperbaiki performa system komputer kita agar bisa mempercepat koneksi internet, beberapa diantaranya adalah berikut ini.
Bagaimana mengakali DNS setting untuk mempercepat koneksi internet?
Editting File HOSTS
Cara yang paling sederhana untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan jalan meng-edit file HOSTS pada local computer kita. Seperti dijelaskan diatas, adalah membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk me-resolve suatu host-name menjadi suatu IP address. Anda bisa melakukan by-pass tanpa harus mundar-mandir minta IP address ke ISP, jadi langsung mendapatkan IP suatu website tujuan kita.
Pada dasarnya Windows melihat isian data yang ada pada file HOSTS terlebih dahulu kalau ada isian data host-name yang diminta, jika ada maka computer tersebut bisa me-resolve IP address sendiri tanpa minta ke DNS server yang ada di ISP dan menunggu response balik. Anda bisa meng-edit file HOSTS dengan notepad dan anda bisa membuta dagtar isian website yang paling sering anda kunjungi.
Anda bisa dapatkan file HOSTS pada C:\Windows\System32\Drivers\Etc\HOSTS. Gunakan notepad untuk mengedit file HOSTS ini dan isi dengan website yang paling sering anda kunjungi untuk mempersingkat waktu dan mempercepat koneksi internet, misalkan seperti berikut.
65.301.110.37 sysneta.com #contoh isian intuk Sysneta.com
67.101.200.107 nasa.net #hanya contoh saja
Setiap isian harus dalam satu baris, dan untuk memberikan command maka harus didahuluin dengan tanda hash (#). Lihat juga article mengenai DNS setting disini dan juga 5 cara mempercepat komputer.
Atur Setting DNS Caching Computer
Anda juga bisa mengatur setting DNS caching untuk membantu anda mempercepat koneksi internet. Jika anda mengunjungi suatu situs, Windows meletakkan informasi DNS kedalam DNS caching di local computer anda. Jika anda browsing suatu website, computer anda pertama kali melihat kedalam local DNS caching yang disebut DNS resolve cache, untuk melilhat kalau sudah ada informasi website tersebut disana. Jika ia mendapati informasi secara local, maka ia tidak perlu untuk mencari informasi kepada remote DNS server. cache ini dibuat dari nama-nama yang baru saja didapat dari pencarian sebelumnya dan juga isian yang diambil dari file HOSTS.
Cache ini berisi baik isian positive maupun isian negative yang bisa kita akalin untuk membantu mempercepat koneksi internet. Isian positive adalah isian berasal dari lookup yang berhasil, yang mana anda bisa terhubung ke website tersebut. Saat Windows mencari dalam Cache, jika ia mendapati isian positive, maka ia akan segera menggunakan informasi DNS tersebut dan membawa anda kepada website yang anda minta.
Sebaliknya isian negative adalah isian yang tidak ada kecocokan dan berakhir dengan pesan “Cannot find server or DNS Error” pada browser anda. Sama halnya dengan diatas, saat computer melihat kedalam cache dan mendapati suatu isian negative, maka ia akan memberikan pesan error tanpa harus pergi menuju ke website tersebut.
Isian negative bisa membawa anda dalam masalah. Jika anda mencoba untuk melakukan koneksi ke suatu website yang mempunyai suatu isian negative dalam cache computer anda, anda akan mendapatkan pesan error, walaupun masalah ini sudah di resolve dan bisa dicapai.
Anda bisa mengatasi masalah ini untuk mempercepat koneksi internet dengan cara mengakali registry. Secara default, Windows menyimpan / cache isian negative selama 5 menit. Setelah lewat 5 menit, isian negative akan dibersihkan dari cache. Tapi jika anda mau, anda bisa memaksa Windows untuk tidak menyimpan dalam cache isian negative, sehingga anda tidak mengalami masalah diatas.
Edit registry anda menggunakan editor registry (regedit dari command line) dan cari kearah:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters.
Buat suatu nilai DWORD baru dengan nama NegativeCacheTime dan beri nilai 0. Nilai 0 ini mungkin saja sudah terisi, jika belum isi saja dengan nilai 0. DWORD menunjukkan berapa lama dalam detik, untuk menyimpan isian negative didalam cache. Anda bisa memberikan nilai satu saja agar tetap hidup kalau mau.
Setelah selesai mengedit, keluar dari registry editor. Agar efeknya ada, restart computer anda atau flush saja cache anda dengan menggunakan command ipconfig /flushdns. Command ini akan menghapus isian cache anda semuanya, baik yang negative maupun yang positive, dan akan kosong sampai anda mulai mengunjungi website2. Isian negative tidak lagi akan di cache didalam cache DNS anda jika dalam isian DWORD tadi berisi 0.
Dalam usaha mempercepat koneksi internet ini juga, anda bisa mengurangi Web Cache pada browser anda menjadi sekecil mungkin. Dengan kecilnya data isian dalam web cache untuk file-file temporary anda, maka semakin kecil juga data yang harus di search oleh Windows. Bagaimana melakukannya?
Dari Windows lakukan langkah berikut ini:
Click Start => pilih Control Panel => dobel klik Internet Options => kemudian click Settings dibawah Browsing History. Kurani Disk Space to Use sampai nilai minimum yang direkomendasikan atau serendah yang anda inginkan.
Mengosongkan File Internet Temporary
Cara lain juga bisa dilakukan untuk mempercepat koneksi internet adalah mengosongkan file temporary internet. Banyak file dalam web cache adalah active seperti cookie yang dimuatkan kedalam browser dan secara konstan memerbaharui diri mereka sendiri saat anda berselancar di internet. Computer selalu mencari dalam temporary files di web cache untuk mencocokkan versi terbaru dari web pages. Untuk membantu mempercepat koneksi internet anda bisa mengosongkan web cache ini untuk memotong kerja komputer anda sehingga tidak perlu memeriksa ke web cache.
Tahapan berikut bisa dilakukan untuk mengosongkan web cache, dan pastikan anda menutup browser anda terlebih dahulu.
Klick Start => Klick Control Panel => dobel klick Internet Options => Klik Delete Files dibawah Temporary Internet Files pada General tab. => check Delete all offline content box dan kemudian klik OK.
Spyware dan viruses
Spyware dan segala macam ancaman internet dapat menyebabkan lambatnya respons internet anda. Untuk membantu mempercepat koneksi internet, anda harus memastikan bahwa komputer anda bebas dari segala macam malware dan viruses. Malware memang dirancang untuk menembus komputer anda tanpa sepengetahuan si pemilik yang memang dimaksudkan untuk mengganggu dan menembus pertahanan komputer anda. Spyware secara active mengumpulkan informasi personal dari user seperti credit card, password dan lain sebagainya.
Beberapa jenis Trojan virus dapat juga menyebabkan lambatnya koneksi internet; selalu biasakan untuk men-scan virus pada komputer anda untuk membantu mempercepat koneksi internet dengan bebasnya komputer dari segala macam malware dan viruses.
English version: Speed-up Internet connection, check here.
Cari informasi lain? Ketik disini !!

Artikel Menarik Lainnya


1 komentar:

Wawan Siswanto mengatakan... [Reply to comment]

wah bisa ngakalin nih biar cepet

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari