Kelompok Robot Mini Tirukan Semut

Fino Yurio Kristo - detikinet
 Jakarta - Robot buatan manusia tidak melulu berukuran besar atau raksasa layaknya di film Transformers. Beberapa ilmuwan juga kian giat membuat robot-robot mungil yang baik ukuran dan tingkahnya hampir sama dengan semut.
Microbot seperti ini nantinya difungsikan untuk mengoleksi data dalam berbagai tujuan seperti misi mata-mata atau medis. Berbagai institut  teknologi di Swedia, Spanyol, Jerman, Italia dan Swiss bahkan dikabarkan ramai-ramai membuat robot kerdil itu.
Dikutip detikINET dari FoxNews, Kamis (3/9/2009), robot yang berukuran sekitar 4 mm ini memakai tenaga matahari sebagai sumber daya. Tiga kakinya digunakan untuk bergerak sedangkan satu sebagai sensor sentuh.
Jika bekerja sendirian, robot tersebut tidak bisa berbuat banyak. Namun berbasis konsep I-SWARM (intelligent small-world autonomous robots for micro-manipulation), sekumpulan robot bakal bekerja sama layaknya kelompok serangga.
Menurut konsep tersebut, sejumlah besar robot akan berinteraksi dengan lingkungan dan berkomunikasi satu sama lain melalu infra merah kala menjalankan tugas tertentu. Ini mirip-mirip dengan cara kerja kawanan semut.

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari