Menentukan memory untuk komputer


Pada saat akan merakit komputer sendiri, banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dalam hal memilih memory yang cocok untuk kompter dan kocek anda. Saat ini banyak sekali model dan merk memory di toko-toko komputer dengan menawarkan berbagai macam keunggulannya masing-masing. Hal tersebut terkadang membuat kita bingung dalam menentukan pilihan yang tepat. Namun sebenarnya cukup beberapa hal saja yang harus anda pertimbangkan dalam memilih memory.

Pertama Jenis Memory
Seperti kita ketahui ada beberapa jenis memory yang berkeliaran (emang hewan piaraan) di pasaran. Yaitu SDR, DDR I dan DDR II. Dari ketiga jenis tersebut pilih yang paling cocok. Pertama harus cocok dengan motherboard yang anda gunakan. Karena dari masing-masing memory tersebut meiliki spesifikasi tersendiri agar bisa terpasang pada motherboard. Memory tipe SDR biasanya hanya cocok digunakan untuk motherboard jadul (bahela), seingat saya motherboard Pentium II dan III yang cocok untuk memory ini, meskipun ada motherboard pentium 4 yang masih menggunakan memory tipe SDR, seperti misalnya ada pentim 4 1,2 Ghz masih menggunakan memory SDR. Memory SDR ditandai dengan adanya dua lubang pada kaki memorynya. Kalau untuk DDR I dan DDR II memang sedikit susah menggambarkan perbedaan secara fisik. Karena sama-sama memiliki dua kaki, bedanya hanya selisih jarak lubang kaki saja (kalau gak salah). Nah untuk lebih jelasnya pada saat anda membeli motherboard lebih baik langsung aja tanyakan cocoknya menggunakan memory type apa.

Kedua Performa Memory
Pilihan kedua ini berkaitan langsung dengan energi yang dihasilkan oleh sebuah memory. Sejauh mana bisa mendongkrak kemampuan komputer kita. Untuk komputer-komputer sekarang, dengan processor Dual Core atau Core 2 Duo banyak disediakan memory dengan kecepatan tinggi mulai dari 1 GB sampai dengan 3 GB. Yang menjadi pertimbangan utama adalah System Operasi aplikasi apa yang anda akan pakai dalam komputer anda. Karena masing-masing membutuhkan spesifikasi hardware sendiri-sendiri. Misal untuk menjalankan sebuah system operasi Windows XP SP1 minimal memory yang dibutuhkan adalah 128 MB. Kalau anda akan menjalankan system operasi dan aplikasi yang akan digunakan untuk desai grafis, editing video atau menjalankan Game 3D alangkah baiknya gunakan memory dengan kecepatan tinggi, minimal 512 MB.

Ketiga Kemampun Kocek Anda
Pengen sih memiliki komputer dengan kemampuan hight end, yang tentunya didukung dengan memory super cepat, minimal 2GB. Tapi apa daya uang gak ada. Nah langkah bijaksananya adalah beli aja dulu memory sesuai dengan kocek anda. Tapi gak perlu khawatir, sekarang harga memory gak mahal-mahal amat seperti tahun 2000-an. Untuk memory dengan kecepatan 2GB saja sekarang hanya berkisar antara 200 sampai dengan 300 ribuan saja. Jadi masih masih bisa terjangkau lah. Sebagai gambaran saja, dengan budget 3 juta saja anda sudah bisa mendapatkan komputer dengan spesifikasi lumayan tinggi.

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari