Cara memasang kabel USB front dan audio depan

Ini sekedar informasi dari saya, sedikit banget tetapi mudah-mudahan bisa berguna bagi anda semuanya. Memasang FRONT USB/AUDIO adalah pekerjaan yang mudah-tetapi perlu ketelitian karena dampak dari “salah colok” kabel pada pin di Motherboard bisa berakibat lumayan buruk,…
Kalau salah pasang pada USB akan mengakibatkan “flashdisk” yang dicolok di USB depan akan rusak, mouse pun tidak berfungsi, dan bila dicolokkan dalam jangka waktu lama akan membuat kabel terbakar dan mobo rusak (tapi yang ini jarang terjadi). Kita tahu di USB ada VCC (5V), terus D- (tegangan -), D+(tegangan+) dan Ground(G), tidak boleh polar (kutub) nya terbalik, sebab ia bekerja di arus DC (arus rata).
Yang paling sering dijumpai, warna kabel adalah VCC = merah (orange), D- = putih(kuning),D+ =hijau(biru), dan Ground = hitam. Tetapi ada juga yang berwarna lain biasanya satu warna tetapi ditandai dengan VCC,D-,D+ dan Ground,….
Kabar baiknya casing sekarang, sudah diplot dan dipasang USB dan AUDIO, dengan jenis azalia/AC97 bukan yang settingan HIGH DEFINITION (HD),sehingga tidak perlu lagi memikirkan pin-pin yang akan dipasang, tinggal colok begitu saja.
Dan posting ini akan membantu anda pada terutama pada pemasangan front USB dan AUDIO pada casing yang belum di setting/plot yang tinggal colok, dimana kabel-kabelnya masih tersebar menjadi bagian-bagian yang harus dicolokkan satu persatu.
Perhatikan gambar berikut ini:
Ini adalah gambar Front_USB. Lihat pula gambar ini untuk Front_AUDIO, Azalia AC97
Keterangan :
Bila audio depan tidak dipasang “umumnya” ada dua bagian yang dijumper yaitu R-out dengan R-in dan L-Out dengan L-in, karena pada motherboard lama bila tidak “dijumper’ soundnya tidak akan bunyi sekalipun drivernya telah terisi/ada. Tetapi pada motherboard yang terbaru jumper tidak diperlukan dan sound tetap bunyi.
Catatan lain :
Ada dibeberapa casing yang tidak tersedia kabel R-in dan L-in nya, bila yang dicolok hanya R-out dan L-out nya (khusus pada mobo lama), maka tidak bisa sound depan dan belakang bunyi secara bersamaan atau malah hanya sound depan saja yang bisa berfungsi (output sound belakang tidak bunyi), dan kalau demikian adanya kita bisa mengakalinya dengan memberi jumper R-in dan L-in, dengan cara digabungkan R-out dan R-in dengan sebuah kabel, demikian juga L-out dan L-in, sehingga susunan kabelnya menjadi standar yang berlaku untuk azalia/AC97 yakni, mic, mic power/bias, ground, R-out, R-in, L-out dan L-in.
Saran saya adalah agar kita sangat hati-hati dalam memasang dan mengecek ulang susunan kabel F_USB dan F_AUDIO karena kalau salah pasang berakibat “fatal” terbakarnya USB flashdisk atau chipset USB dan Chipset Audio nya.
Untuk pengetesan USB depan sebaiknya memakai mouse terlebih dahulu, bila mousenya menyala berarti ada powernya dan bila mouse jalan berarti benar susunannya, dan untuk mengetes audio gunakan earphone agar “feedback” nya tidak terlalu besar, yang membuat rusak biasanya kesalahan memasang mic/mic power,…
Terima kasih semoga bermanfaat

sumber: http://agung-ict.blogspot.com/2010/04/hati-hati-memasang-kabel-front-usb.html

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari