Hati-hati Membeli Kipas Laptop

Kipas laptop
Kipas laptop
Fan atau cool pad / kipas pendingin merupakan aksesoris yang sering digunakan untuk laptop yang berfungsi menjaga suhu laptop tidak terlalu panas. Dimana kita ketahui laptop idealnya dipakai pada ruangan ber-AC, akan tetapi bagaimana jika di ruangan kita tidak ada AC? Tentunya dibutuhkan alternative pendingin lainnya agar laptop tidak overheating. Salah satunya dengan menambah kipas pendingin.
Tidak semua kipas pendingin berjalan sesuai fungsinya, dipasaran beredar dua jenis kipas pendingin dengan sifat menarik udara panas ada juga yang hanya meniupnya dengan angin. Lalu pilih mana? Penulis menyarankan memilih kipas yang menarik udara panas. Cara mengetahui kipas yang menarik udara panas adalah dengan menyalakan kipas tersebut letakkan tangan anda dibawah kipas, jika udaranya terasa kencang dan panas berarti kipas tersebut menarik hawa panas. Tetapi apabila udaranya tidak kencang coba letakkan lagi dibagian atas kipas bila kencang berarti kipas ini tipe yang meniupkan angin ke laptop. Menurut penulis tipe yang meniupkan angin ini bisa berbahaya untuk laptop anda karena hawa panas yang dialirkan keluar laptop di tiupkan kembali ke laptop. Hal lain yang perlu diperhatikan juga yakni:
  1. Liat bahan yang digunakan untuk membuat coolpad itu. Diharapkan memilih yang agak kuat dan tahan lama. Karena  coolpad ini akan ditindih oleh laptop kita. Otomatis coolpad harus dapat menahan beban laptop secara maksimal
  2. Semakin banyak kipas, akan semakin baik atau pilih yang kipasnya agak besar biar semburan anginnya agak kenceng. Tapi dengan syarat, saat dipake laptop harus di-charge, kenapa ? karena kalo cuma mengandalkan baterai laptop aja, iya kalo baterainya masih bagus, kalo ngaa kuat baterainya bisa cepat habis
  3. Pilih gabus penyangga kaki laptop yang agak keras, namun elastis (warnanya boiasanya Hitam dan jumlahnya 8/atas-bawah). Jadi kalo gabusnya tipis, biasanya cepat rusak karena tidak kuat menahan kaki laptop.  Biar ga kayak coolpad punyaku, terpaksa aku ganti gabusnya itu pake sendal jepit bekas. Jelek banget gabusnya, tipis dan potongannya kecil
  4. Jangan tergiur dengan harga murah. Biasanya harga coolpad yang relatif murah, kita menang pada waktu beli, namun kalah pada waktu makenya. Dengan kata lain kita banyak dirugikan
  5. Lihat keadaan kabel USB yang menghubungkan kipas-kipas. Lihat keadaannya apakah solderannya masih bagus atau tidak. Karena, sewaktu kabel-kabel itu akan dapat putus. Kalo anak elektro yang punya, tentu ga masalah karena mereka pada pintar menyolder kabel. Nah, kl orang lain yang tidak bisa menyolder bagaimana ?. Jadi ingat, diperiksa kabelnya lebih detail lagi yah
  6. Pilih yang colokan USB nya yang aman. Jangan pilih colokan USB yang besi nya tidak ada pelindungnya. Itu dapat menyetrumkan arus listrik kalo secara tidak sengaja anda pegang atau sentuh. Walaupun waktu disetrum ga terlalu kuat arusnya, namun cukup mengejutkan kita. Jadi pilih yang colokan USB yang keluar itu yang ada kulitnya atau ada pelindungnnya.
Nah teman-teman itulah beberapa tips dalam membeli kipas pendingin laptop semoga bisa bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari