Cara Membuat Logo Vista Dengan Corel Draw X3

Cara Membuat Logo Vista Dengan CorelDraw X3 - Anda menyukai logo windows vista yang sering nongol di desktop anda? kalau ya, anda bisa mulai membuatnya sekarang juga. Yang perlu anda siapkan adalah aplikasi CorelDraw X3 dan sebuah logo windows vista sebagai contoh. Untuk mendapatkan logo windows vista, silakan anda menuju images.google.com dan ketikkan “vista logo”. Usahakan anda mendapatkan logo seperti di bawah ini:

Jika anda sudah menemukannya, silahkan anda simpan dalam komputer anda dengan klik kanan pada gambar dan pilih “Save Image As”(pada firefox).
Ok, kita mulai dengan Corel Draw:
  1. Melalui menu File, lakukan import file logo yang telah anda simpan tadi
  2. Buatlah sebuah lingkaran diatas file gambar tersebut untuk memperoleh ukuran lingkaran yang sama. Tekan tombol “CTRL” pada keyboard untuk memperoleh ukuran lingkaran simetris. Jika sudah, klik dan pindahkan lingkaran ke samping gambar asli. Seperti di bawah ini:
  3. Warnai lingkaran yang barusan anda bikin. Bukalah File color dialog dan masukkan nilai CMYK sebagai berikut C:92 M:79 Y:41 K:34. Hasilnya harusnya seperti di bawah ini:
    Fill Color Dialog pada tool box
    Hasil pewarnaan
  4. Selanjutnya kita akan membuat sebuah gradasi yang dari bawah. Untuk ini, silahkan anda menggambar sebuah lingkaran kecil pada bagian bawah lingkaran anda yang pertama. Dan isi warnanya dengan nilai C:75 M:23 Y:1 K:0.
  5. Agar hasilnya lebih halus, kita hilangkan garis tepi dari kedua lingkaran tersebut. Klik pada “No Outline” untuk menghilangkan garis tepi. Sorotlah kedua gambar, baru hilangkan garis tepinya.
  6. Untuk membuat gradient, sorotlah kedua lingkaran tersebut dengan klik pada tiap lingkaran selagi menekan tombol “Shift” atau dengan cara apapun yang anda suka. Setelah itu klik pada menu “Effect” dan pilih “Blend”. Masukkan nilai 60 pada “Number of Steps” dan pilih Apply.
    Kotak dialog pada Blend
    Dan hasil yang anda peroleh harusnya seperti di bawah ini:
  7. Selanjutnya kita akan membuat gradient yang berada pada bagian atas. Buatlah lingkaran yang lebih kecil dari lingkaran yang pertama. Dan isi dengan warna putih.
  8. Untuk membuat gradient, klik pada lingkaran yang barusan anda buat dan pada tools pilih “Interactive Transparency Tool”. Letakkan atau klik mouse anda diatas lingkaran yang paling besar dengan posisi urut pada garis vertikal tengah lingkaran. Selanjutnya langsung drag mouse anda ke bawah hampir sampai pada titik tengah lingkaran dan lepaskan. Maka sebuah gradient baru telah terbuat.
    Transparency tool
    Cara melakukan drag untuk transparansi
  9. Langkah berikutnya adalah membuat jendela khas-nya Microsoft. Kali ini kita akan menggunakan lagi file contoh yang tadi kita import. Arahkan tampilan desktop anda ke arah logo Vista. Pada Tools pilih “Bexier Tool”.
  10.  
  11. Selanjutnya kita akan menggambar satu persatu kotak jendela tersebut. Kita mulai dari yang kiri atas. Pastikan anda telah memilih Bezier Tool dan selanjutnya klik pada bagian pojok kiri atas kotak jendela orange, kemudian klik lagi pada bagian pojok kanan atas, langsung lanjutkan lagi klik pada pojok kanan bawah, kemudian klik lagi pada pojok kiri bawah dan klik lagi pada awal titik tadi yakni pojok kiri atas untuk membuat sebuah garis kotak.
    Perhatikan pada bagian yang saya lingkari merah, itu hasilnya
  12. Selanjutnya, melalui “Pick Tool”, dobel klik pada kotak yang barusan anda buat, hingga akhirnya secara otomatis akan mengaktifkan “Shape Tool”. Klik kanan pada garis bagian atas dan pilih “To Curve”, selanjutnya akan muncul tanda panah pada kotak tersebut. Klik pada tanda panah tersebut dan drag ke atas hingga membentuk sesuai kotak window dari logo Vista. Lakukan hal yang sama untuk garis bagian bawah.
    Klik panah untuk membentuk jendela
  13. Lakukan langkah yang sama untuk mendapatkan bentuk kotak jendela yang lainnya. Untuk kotak yang biru, anda bisa langsung mengcopy dari kotak yang anda buat pertama. Pada kotak yang kuning, anda juga bisa mengcopy dari kotak yang hijau, tentunya jika anda telah membuatnya. Untuk melakukan proses copy yang cepat, klik kiri pada kotak yang asli, selanjutnya tahan dan drag ke tempat tujuan, sebelum anda lepaskan, lakukan klik kanan baru kemudian lepaskan klik kiri sebelumnya.
  14. Setelah anda menggambar keempat kotak tersebut, maka aktifkan dengan cara klik masing-masing kotak sembari menekan tombol “Shift” dan drag ke tengah lingkaran yang anda buat sebelumnya.
    Hasil gambar window
    Saya melakukan perubahan warna garis tepi menjadi putih, agar keliatan di atas warna biru. Anda bisa melakukannya melalui Tools pada “Outline Color Dialog” dan pilihlah warna putih.
    Pilih Yang "Outline Color Dialog"
  15. Selanjutnya kita akan memberi warna pada masing-masing kotak. Pilih kotak yang pertama yakni kotak pojok kiri atas. Pada tools, pilih “Fill Color Dialog” dan masukkan nilai CMYK berikut ini: C:13 M:83 Y:100 K:4.

    Lakukan langkah yang sama untuk kotak berikutnya. Secara berurutan, untuk kotak kanan atas adalah C:87 M:26 Y:100 K:2. Pojok kanan bawah CMYK -nya adalah C: 5 M:27 Y:100 K:0. Kotak kiri bawah C:90 M:65 Y:8 K:1. Hasilnya seperti berikut ini:

    Hilangkan garis tepi dari semua kotak window tersebut. Caranya seperti langkah sebelumnya.
  16. Selanjutnya kita akan membuat gradient dari masing-masing kotak tersebut. Klik pada kotak berwarna Orange. Pada tools pilih “Interactive Mesh Tool”.

    Pada saat anda memilih Interactive Mesh Tool, maka tampilan kotak akan berubah. Selanjutnya letakakan mouse anda pada pojok kanan bawah kotak orange dan lakukan drag ke kiri atas.
    Lakukan drag sesuai gambar tanda panah di atas
    Jika anda berhasil, maka titik baru akan muncul pada garis bagian kanan. Selanjutnya pada pilihan warna disamping kanan jendela Corel anda, pilihlah warna kuning, maka akan anda dapatkan hasil seperti di bawah ini.
  17. Kita lanjutkan ke kotak warna hijau. Pada tool pilih “Pick Tool” dan klik pada kotak jendela warna hijau. Selanjutnya klik pada Tool yakni “Interactive Mesh Tool”, sama seperti tool sebelumnya. Letakkan mouse anda pada diluar kotak pada bagian sebelah kiri bawah dan lakukan drag secara diagonal ke arah pojok kanan bawah.
    Dan selanjutnya pilih warna putih. Maka anda akan mendapatkan hasil seperti di bawah ini:
  18. Selanjutnya gunakan langkah yang sama untuk kotak kuning yang berada dipojok kanan bawah. Pilih Interactive Mesh Tool dan ikuti arah drag seperti berikut ini:

    Kemudian pilih warna putih untuk membuat gradientnya.
  19. Selanjutnya kita pilih kotak biru. Lakukan perubahan warna pada kotak ini karena terlalu gelap.(maaf…). Pilih warna biru pada kotak warna disamping kanan desktop Corel anda. Ok, kita lanjutkan.  Langkahnya sama. Setelah anda pilih Interactive Mesh Tool, arahkan drag anda dari pojok kanan atas ke pojok kiri bawah. Hasil akhir yang diperoleh sebagai berikut:
    Hasil akhir dengan perubahan warna biru
  20. Agar tampilan lebih bagus, kita akan membuat efek shadow pada keempat kotak tersebut. Sembari menekan tombol Shift, klik pada masing-masing kotak dengan “Pick Tool”. Selanjutnya pada bagian tools, pilih “Interactive Drop Shadow Tool”.

    Selanjutnya letakkan mouse anda tepat di tengah-tengah perempatan keempat kotak tersebut dan lakukan drag ke pojok kanan bawah.
  21. Dan berikut ini hasil akhir yang anda peroleh:

Selamat mencoba, anda bisa berkreasi sendiri untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
source

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari