Menghubungkan Visual Basic Dengan Database MS SQL Server

Ada beberapa metode untuk menghubungkan Visual Basic dengan Database MS SQL Server saya akan memberikan penjelasan 2 metode diantaranya yaitu koneksi dengan menggunakan komponen DataEnvironment dan koneksi dengan menggunakan kode Program. untuk tutorial ini saya menggunakan Visual Basic 6 dan MS SQL Server 2000.

1. Koneksi menggunakan DataEnvironment


  1. Buat Project Standard EXE
  2. Klik menu Project | Add Data Environment, maka akan ditampilkan jendela Data Environment seperti ini :
  3. Data Environment
  4. Untuk membangun koneksi dengan Database SQL Server, Klik kanan objek Connection1 kemudian pilih Properties maka akan muncul jendela Data Link Properties.
  5. Pada jendela Data Link Properties pilih driver untuk koneksi ke MS SQL Server, yaitu Microsoft OLE DB Provider for SQL Server. kemudian klik Next
  6. Isi dengan nama server MS SQL Server kamu pada textbox "Select or enter a server name" (nama server adalah nama komputer kamu)
  7. Pilih radio button "use a specific username and password" pada bagian 2.Enter information to log on to the server.
  8. pada textbox username dan password isi dengan username dan password yang terdaftar di Database SQL Server kamu misalnya "sa" (user sa defaultnya tidak memiliki password). pada contoh ini saya menggunakan username 'yanadoe' dengan password 'bebas'.
  9. sebagai tambahan, user sa adalah user yang mempunyai kewenangan penuh terhadap system di MS SQL Server atau disebut system administrator. user ini dibuat secara otomatis oleh MS SQL Server ketika proses instalasi.
  10. setelah kamu lakukan langkah diatas, centang Checkbox "Allow saving password" agar kamu tidak perlu menginputkan lagi username dan password setiap kali aplikasi akan dijalankan.
  11. Pilih database Northwind pada textbox "Select the database on the server". klik tombol Test Connection untuk mengetahui apakah koneksi sudah berhasil atau tidak jika sukses klik tombol OK untuk menutup window dialog Data Link Properties

Data Link Properties

Setelah tahap diatas, koneksi dari Visual Basic ke Database MS SQL Server sudah terbentuk selanjutnya untuk mengambil data dari sebuah table di Database pertama kamu harus menambahkan sebuah Command pada DataEnvironment, Caranya sebagai berikut :


Mengambil Data dari Database

  1. Klik kanan pada jendela DataEnvironment, pilih Add Command. maka akan dibuat sebuah object dengan nama Command1
  2. Klik kanan Command1, pilih Properties. setelah muncul jendela Command1 Properties, pilih Table pada bagian Database Object, dan pilih sebuah table pada bagian Object Name misalnya table Customers. kemudian klik OK

Database Object

Menampilkan Data dengan DataGrid

  1. Pertama kamu harus menambahkan komponen DataGrid pada ToolBox caranya : klik menu Project | Components, pada jendela Components pilih Microsoft DataGrid Control 6.0
  2. Setelah objek DataGrid ditambahkan pada Toolbox, klik komponen DataGrid tersebut kemudian Click and Drag pada Form1.
  3. Set Properties DataSource menjadi DataEnvironment1, dan Properties DataMember menjadi Command1
  4. Klik kanan pada DataGrid, pilih Retrieve Fields klik OK pada Message Dialog yang muncul
  5. Data pada table tidak akan langsung ditampilkan pada saat Design, untuk melihat datanya kamu harus Run Program dengan menekan F5.

DataEnvironment Final


2. Koneksi Menggunakan Kode Program



Pada metode yang kedua ini kita tidak akan menggunakan Komponen Visual untuk mengakses Database SQL Server dari Visual Basic. kita akan menggunakan kode program untuk melakukannya. inilah langkah-langkahnya :

  1. Masuk ke Code Editor
  2. Deklarasikan variabel untuk koneksi ke Database SQL Server
  3. Public SQLServerConn As ADODB.Connection
  4. Karena koneksi ke Database harus sudah tersedia ketika aplikasi akan dijalankan, maka kita harus menambahkan kode Program pada event OnLoad Form1. Caranya dobel klik Form1, kemudian tambahkan kode Program dibawah ini :
    • Set variable SQLServerConn sebagai sebuah ADO Database Connection.
    • Set SQLServerConn = New ADODB.Connection
    • Set Parameter String Koneksi variable SQLServerConn agar terhubung dengan Database SQL Server
    • SQLServerConn.ConnectionString = "Provider=SQLOLEDB.1;" & _ "Password=bebas;Persist Security Info=false;" & _ "User ID=yanadoe;Initial Catalog=Northwind;Data Source=siberat"
    • Buka koneksi
    • SQLServerConn.Open


Coba kamu Stop Service Database SQL Server menggunakan SQL Server Service Manager, dan Run Porgram, maka akan tampil Error message seperti ini :

Connection Error Message

Kita akan menambahkan kode program untuk memeriksa status Service Database SQL Server apakah berjalan atau tidak. jika tidak maka akan ditampilkan error message versi kita jika service Database SQL Server tidak berjalan. untuk melakukannya, gunakan kode program dibawah ini :

On Error Resume Next



'memeriksa status Database

'pesan error yang akan muncul jika Database SQL Server

'dalam keadaan mati (service dalam status stop)

If Err.Number = -2147467259 Then

   MsgBox "Tidak dapat menghubungi Database SQL Server." & vbCrLf & _

   "Pastikan Service Database SQL Server sudah berjalan", vbCritical , "Koneksi Gagal"

   End     'Tutup Aplikasi

End If

SQL Server Database Connection Failed

Tips : Kamu bisa gunakan komponen ADODC untuk mendapatkan parameter ConnectionString seperti diatas, caranya sebagai berikut:
  • tempatkan sebuah komponen ADODC pada form
  • Klik kanan, pilih ADODC Properties, Klik Build, akan muncul jendela Property Pages.
  • Lakukan langkah 4 s/d langkah 10 pada Koneksi menggunakan DataEnvironment diatas. setelah itu Copy string koneksi yang ada bagian "Use Connection String" jendela Property Pages. metode ini bisa juga digunakan untuk mendapatkan parameter ConnectionString untuk jenis Database yang lain

Itulah Tutorial singkat Pemrograman Visual Basic untuk menghubungkan Visual Basic dengan Database SQL Server. Semoga bermanfaat.
sumber:http://easycomputertutorial.blogspot.com

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari