Cara Membuat Theme Sendiri Pada Windows XP

Cara Membuat Theme Sendiri Pada Windows XP

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat themes pada Windows XP. Windows XP menawarkan kemudahan dan kebebasan kepada penggunanya untuk meng-costumize tampilan desktopnya. Berikut ini langkah-langkahnya:
1.) Klik kanan pada sembarang desktop, lalu pilih Properties. Tunggu hingga jendela Display Properties-nya muncul. baca Cara Repair Windows XP  ,
2.)  Klik Tab Appearance. Jika ingin mengganti Skin, silahkan ganti pada bagian Windows and buttons. Windows and buttons menampilkan semua pilihan Skin yang tersedia. Biasanya, pilihan Skin yang tersedia pada bagian ini adalah Windows XP Style(Gaya Windows XP) dan Windows Classic Style(Gaya WIndows Jadul Sebelum Windows XP).
3.) Setelah memilih Skin pada bagian Windows and buttons, pilihlah Skema Warna yang ingin anda pakai pada bagian Color Scheme. Color Scheme yang tersedia tergantung pada Skin yang anda pilih sebelumnya pada Windows and Buttons.
4.) Setelah itu, pilihlah Ukuran tulisan pada bagian Font Size, pilihan yang ada pad font Size biasanya adalah: Normal, Large Fonts, dan Extra Large Fonts.
5.) Setelah itu, Anda bisa mengganti efek apa yang ingin anda pakai pada bagian Effects. Pada bagian Effects ini, anda bisa mengganti Efek Transisi untuk menu dan tooltips, Memberi efek Pada Tulisan, membuat ukuran Icon menjadi besar, memberikan bayangan di bawah menu, membuat Window Content-nya tampil ketika kita menggeser window(drag), dan Menyembunyikan Underline letters untuk Navigasi Keyboard hingga Anda menekan tombol Alt. Setelah itu, klik OK.
6.) Setelah itu, Klik Advanced Appearance untuk mengganti Komponen-komponen tampilan secara Advanced pada Windows XP. Mengenai Advanced Appearance anda bisa lihat postingan saya sebelumnya yang berjudul
Penjelasan lebih lanjut tentang Advanced Appearance pada Windows XP. Setelah itu, Klik OK.
7.) Setelah itu, Klik tab Desktop, disini, anda bisa menganti Background untuk Windows XP anda, anda juga bisa Mengganti Desktop Icons, Menampilkan Icon apa yang perlu ditampilkan, Mengganti posisi Background, Mengganti Warna Background, dan sebagainya.
8.) Setelah itu, Klik tab Screen Saver, pada bagian ini, Anda bisa memilih Screen Saver yang cocok untuk Windows XP anda. Anda juga bisa mengganti Settings untuk Screen Saver yang anda Pilih. Mengatur berapa lama Sampai Screen Savernya muncul bila komputer sedang tidak dipakai(Idle), dan lain sebagainya.
9.) Jangan Tutup jendela Display Propertiesnya, Klik kanan Icon Volume pada Notification Area, lalu pilih Adjust Audio Properties, Tunggu hingga Jendela Sounds and Audio Devices Properties-nya muncul.
10.) Klik tab Sounds, di situ anda dapat mengganti Sound Scheme, mengganti Sound pada masing-masing Program Events-nya. Menyimpan Sound Scheme Buatan sendiri, dan Menghapus Sound Scheme. Setelah itu, Klik OK.
11.) Dengan tetap membiarkan Jendela Display Properties-nya terbuka, Klik Start – Control Panel – Printers and Other Hardware – Mouse. Tunggu hingga Jendela Mouse Properties-nya muncul.
12.) Klik tab Pointers, Di situ anda dapat mengganti Pointer Schemes-nya, Mengkustomisasi Komponen-komponen Pointer-nya, memberikan Efek bayangan pada Pointer, Menyimpan Pointer Scheme Buatan Sendiri, dan Menghapus Pointer Scheme buatan sendiri.
13.) Setelah itu, klik tab Pointer Options. Di sini, anda bisa mengganti Efek-efek pointernya. Diantaranya: Mengatur kecepatan Pointer, Mengaktifkan fasilitas Pointer Precision, Memindahkan pointer menuju ke Default Button pada sebuah dialog box, Menampilkan bayangan Jalannya Pointer(Pointer Trails), Menyembunyikan Pointer ketika kita mengetik, dan Menampilkan lokasi Pointer ketika kita menekan tombol CTRL. Setelah itu, klik OK.
14.) Kembali lagi ke jendela Display Properties, Klik tab Themes, lalu Save Theme untuk menyimpan semua Konfigurasi Skin, Sound Scheme, dan Pointer Scheme yang telah anda ubah tadi. Tentukan lokasi penyimpanannya, lalu, klik Save.
15.) Setelah itu, Klik OK atau Apply untuk mengganti Theme pada Windows XP.
Selamat Mencoba
Sumber:
http://denovan.ngeblogs.info/2011/01/04/penjelasan-lebih-lanjut-tentang-advanced-appearance-pada-windows-xp/

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari