Sebuah Cara Bagaimana Melakukan Maintenance Dasar Komputer

Sebuah Cara Bagaimana Melakukan Maintenance Dasar Komputer
Kenapa si Komputer kami sering bermasalah apalagi sering lemot sekali?padahal speknya lumayan bagus untuk kantor kami. Apalagi laptop yang sering digunakan juga mengalami hal yang sama. Begitulah tanya dari salah satu dari calon customer kami dan akhirnya memakai jasa kami sebagai vendor maintenance komputer kantornya. Dari pertanyaan diatas adalah karena sistem komputer (Software dan Hardware) tidak pernah di mainten secara rutin, sehingga banyak menghambat pekerjaan. Namun masalah itu terpecahkan semua melalui kami sebagai rekan kerja yang memfokuskan terhadap IT Maintenance.

Ehem,,, Maintenance? itu kan untuk orang yang mengerti komputer, sebetulnya dengan adanya maintenance komputer yang dasar bisa meminimalisir tingkat kerusakan atau masalah terhadap sistem komputer kita. Namun dengan adanya konsentrasi pada masing masing jenis pekerjaan maka layanan Maintenance memang sangat diperlukan untuk pihak kantor yang memiliki berbagai jumlah komputer untuk mendukung operasioanalnya.

Baik, namun disini kami ingin berbagi bagaimana melakukan maintenance dasar pada komputer, tidak memerlukan kemampuan lebih atau keahlian pemrograman bahkan sejumlah pengetahuan layaknya staff IT, hanya menggunakan fasilitas default windows (operating system yang digunakan) dan tools atau software pendukung untuk kebutuhan maintenance komputer. Sering sekali kita mengalami hal hal yang aneh yang dapat mengganggu kinerja kita dalam urusan komputer, sebetulnya ini adalah sebuha kesalahan yang terkadang kita abaikan. Apakah kita pernah menginstall program yang aneh, atau mungkin hal lainnya yang bisa mengakibatkan komputer sering lambat. Bagi komputer yang mengalami kelambatan beberapa kemungkinan bisa terjadi, antara lain:

* Terlalu banyak program yang terinstall, dan berjalan di sebuah proses jendela sistem sehingga sangatlah memakan memori sehingga mengakibatkan kelambatan, namun tidak menjadi masalah, jika komputer memiliki spesifikasi DUO atau CORE TWO DUO, dan RAM yang dimiliki juga cukup besar, Minimal 1 Giga (Untuk XP) 2 Giga (Untuk Vista, keatasnya).

* Harddisk tidak pernah dilakukan Defragment, sehingga komputer menjadi lambat membaca harddisk dikarenakan file yang terdapat pada harddisk tidak tertata dengan rapih.
* Sering melakukan Install dan Uninstall. Sehingga terjadinya penumpukan penumpukan file sampah pada Registry yang cukup mengganggu pada kinerja komputer.
* Terinveksi Virus atau Spayware, atau Malware dan lain lain. Secara tidak langsung program jahat ini akan bekerja di balik sistem yang kita tidak bisa sadar akan kerja aplikasi tersebut sehingga bisa merusak file, kinerja windows, bahkan koneksi internet. Yang pada intinya sangatlah mengganggu sekali dalam pengoperasian komputer kita.

Adapun untuk mengatasinya (maintenance), ada beberapa cara alternatif. Antara lain:

* Melakukan upgrade RAM minimal sesuai dengan yang kami anjurkan diatas, untuk processor jika anda menggunakan Komputer Desktop (PC) bisa dilakukan upgrade asalkan motherboard yang digunakan mendukung. Jika menggunakan laptop, asal slot memori yang tersedia masih ada kosongnya, anda bisa menambahkannya.

* Melakukan Defragment pada harddisk anda, setidaknya 1 bulan sekali. Ini berguna sebagai langkah kita merapihkan susunan file yang tidak teratur dan akan bisa mempercepat akses file jika akan dibuka/dibaca. Fasilitas windows menyediakan ini. Langkahnya: -->(Menu Star-->All Program-->Accesories-->System Tools-->Disk Defragmenter, lakukan pada masing masing Drive yang tersedia. Tampilan Defragment Lihat dibawah:


* Dan Untuk Melalkukan pembersihan sampah sampah registry yang mengganggu kinerja komputer kita, bisa menggunakan registry cleaner yang cukup baik, bisa menggunakan yang free seperti Glarysoft Registry Repair , atau yang licensed seperti Tune Up Utilities.

* Beberapa aplikasi mengganggu seperti adware, spyware yang tidak bisa deteksi oleh beberapa software (antivirus) bisa menggunakan Spybot Search & Destroyunduh disini

Lakukanlah langkah sederhana diatas, yang dapat membantu dan meminimalisir kelambatan (lemot) pada komputer anda. Namun satu lagi yang perlu diketahui, hati hati dengan penggunaan System Restore yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi awal sistem komputer kita, karena system restore merupakan celah yang paling banyak dimanfaatkan baik oleh virus, maupun spyware, dan nama lainnya dengan cara menyimpan datanya di data system restore, sehingga bila dilakukan restoring, akan muncul kembali.
Satu lagi perlindungan Komputer tidak sempurna jika kita tidak menempatkan Antivirus yang sangat berguna mendeteksi, membantu untuk menghilangkan Program program jahat (virus). Kami anjurkan gunakanlah antivirus yang bisa melakukan Proteksi Sistem. Adapun Untuk Antivirus Rekomendasi dari kami adalah Kaspersky (Licensed), Avast (Antivirus Gratis Terbaik) disusul AVG.

Jangan lupa lakukan pembersihan Hardware secara rutin, karena hardware yang kotor akan mengakibatkan overheat (panas yang berlebih) sehingga bisa memakan umur hardware. Semoga Tips Maintenance Sederhana ini dapat membantu. Terima kasih
 sumber:http://www.sisfocom.com/2011/04/cara-maintenance-komputer-dasar.html

Artikel Menarik Lainnya


1 komentar:

Lafran_pane mengatakan... [Reply to comment]

jasa maintenance komputer yogyakarta
www.icompjogja.com
perawatan total sekali bayar selama 1 bulan, harga sangat terjangkau

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari