Cara mengunci komputer dengan Desktop shortcut

Personal Computer atau notebook adalah tempat kita menyimpan file-file penting, baik itu Data, dokumentasi, film dan lain sebagainya. Anda tentu tidak ingin orang lain secara sembarangan membuka-buka file pribadi Anda secara sembarangan, suatu saat pada saat sedang mempergunakan komputer, Anda terpaksa meninggalkan komputer dalam keadaan menyala, sehingga Anda tidak bisa mengawasi secara langsung, untuk itu Anda perlu menguncinya terlebih dahulu, kita dapat melakukannya dengan cara klik start, shutdown, lock atau melalui keyboard dengan menekan kombinasi tombol “windows + L”, namun ada cara lain yang lebih cepat dengan mempergunakan mouse dengan terlebih dahulu membuat shortcut pada desktop, berikut ini cara membuat shortcut pada desktop untuk mengunci komputer, saya test pada windows 7 :
Baca juga Tips mempercepat koneksi internet , CARA & TIPS MERAKIT KOMPUTER
1. Klik kanan disembarang tempat pada desktop, pilih new, shortcut.

2. Secara otomatis akan mucul jendela baru create shortcut, pada kolom type the location of the item isikan dengan perintah sebagai berikut : “%windir%\System32\rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation” kemudian klik next untuk melanjutkan.

3. Pada kolom type a name for this shortcut berikan nama shortcut misalnya saya memberi nama “Lock” atau terserah kemauan Anda, klik finish untuk menyimpan perubahan.

4. Kini pada desktop akan muncul shortcut baru untuk mengunci komputer, sudah bisa Anda pergunakan dengan cara klik dua kali atau klik kanan open, namun tampilannya masih blank, agar lebih menarik Anda bisa mengganti icon tersebut dengan gambar yang lain, siapkan terlebih dahulu icon yang dapat Anda cari di internet

5. Cara pertama klik kanan pada icon shortcut, kemudian pilih properties, change icon, click browser untuk mencari icon yang sudah Anda persiapkan sebelumnya hasil browsing dari internet, click open untuk meng-aktifkannya dan klik ok untuk menyimpan perubahan.

6. Cara kedua dengan cara mempergunakan icon yang sudah ada pada computer, caranya sama dengan point 5, pada saat tahap change icon isikan kolom look for icons in this file isikan dengan perintah sebagai berikut : “%SystemRoot%\system32\SHELL32.dll” klik ok maka akan bermunculan bermacam-macam icon bawaan windows, pilih salah satunya dan klik ok untuk menyimpan perubahan.

Demikian cara membuat shortcut untuk mengunci komputer, Apabila komputer Anda belum diberi password, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu dengan cara masuk start, control panel dan klik user Accounts and family safety, dan pilih change your windows password, isikan password Anda, selamat mencoba !


sumber:http://astrasatria.wordpress.com/2011/04/06/cara-mengunci-komputer-dengan-desktop-shortcut/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mudah setting DHCP server di Mikrotik

Memperbaiki Flashdisk Tidak bisa di Copy

Langkah Mereset error ink cartridges are not installed properly (error E5)