Penyebab koneksi speedy lambat

Selama ini kita tahunya permasalahan koneksi internet speedy menjadi lambat adalah karena share yang diberikan gak tahu 1 : berapa. Bahkan kadang sampai kesel karena sangat lambat sekali koneksi nya. Ada yang menyalahkan modem nya dan ada yang menyalahkan proxy atau ruternya jika menggunakan proxy atau ruter seperti mikrotik.
Sebenarnya ada 1 hal yang kita lupa yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan kesetabilan koneksi speedy atau boleh dibilang koneksi dsl kita. Selain faktor di atas ada faktor link line telp ke tempet kita atau ke modem kita. Jika koneksi telpon kita ke modem bisa di pastikan koneksi internetnya tidak bisa stabil dan cepat.
Disini karena yang umum adalah menggunakan speedy, aku mencontohkan jika kita ambil paket office maka kemungkinan kecepatannya up to 1 mbps, dilapangan koneksi up to 1 mbps bisa sampe 1 mbps beneran jika link dsl kita bagus. Ingat link dsl jelek atau tidak nya itu bukan tergantung dari modem, mau di ganti merek dan tipe apapun modem kalo link dls nya emang jelek ya gak bisa bagus.
Faktor yang menyebabkan link dsl kita jelek adalah buruknya kabel telp yang mungkin udah beberapa tahun atau puluhan tahun gak di ganti ganti,  bisa juga terminal terminal telp yang menhubungkan kabel kabel telp kita sudah usang alias udah perlu di perbaharui hehehe.
Untuk mengecek bagus tidaknya link dsl kita bisa di liat dari snr margin yang ada di setiap modem, ada lagi yang namanya Line attenuation. dimana nilai SNR margin ini semakin baik semakin bagus dan untuk nilai Line attenuation ini semakin kecil semakin bagus.
Untuk speedy up to 1 mbps harus jika SNR marginnya 11 – 19 maka kecepatannya bisa mencapai 600 – 800 kbps, jika di bawah itu kemungkinan cuma dapet 300 – 400  kbps malah sering putus. Jika kita ambil paket 2 mbps maka SNR marginnya harus tinggi, kebanyakan yang dapet kecepatan 1,7 – 1,8 mbps pada speedy upto 2 mbps itu SNR marginnya mencapai angka 37.
Kalau cuma mendapatkan angka SNR Margin 8 – 20 itu kaya speedy ku cuma dapet link 1024 kbps padahal aku pake speedy yang 2 mbps
Jadi kalau koneksi speedy terasa lambat coba cek snr margin dan line attenuation nya.
Untuk nilai nya bisa cek disini
Jadi jangan hanya menyalahkan share, proxy, ruter yang kurang bagus settingannya tp link kondisi link dsl nya juga.
nah jika mau mendapatkan link dsl yang bagus, nah itu urusannya harus komunikasi sama orang telkomnya. bisa kita minta ganti kabel atau minta tolong benerin link dsl kita biar lebih maknyus.
mudah mudahan berguna

source:http://www.deskapahendri.com/2010/03/30/penyebab-koneksi-speedy-lambat/

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari