Istilah teknologi komunkasi kl4 9 d - Presentation Transcript

Istilah teknologi komunkasi kl4 9 d - Presentation Transcript
  1. Istilah – Istilah Teknologi Komunikasi Group 4
  2. Members of group :
    • Julianita Berliany
    • Mita Aulia
    • Syifa Fauziyyah
    • Anggia Yustiana
    • Vegi Sepfriani
    • Thania Arista P
    • Kiagus M. Fathi
    • Desi Sari Fitri
  3. Istilah pada komputer Istilah pada komunikasi suara dan gambar Istilah pada komputer Istilah pada komunikasi internet
  4. Istilah – istilah pada Komunikasi Suara dan Gambar Istilah Definisi BAND Daerah Frekuensi AM Amplitude Modulation, salah satu jenis mode transmisi radio menggunakan modulasi amplitude. Untuk radio siaran mempunyai jangkauan dari 530-1500 KHz ( medium wave-MW) FM Frequency Modulation, salah satu jenis mode transmisi menggunakan modulasi frekusnsi. Untuk radio siaran mempunyai jangkauan dari 88-108 MHz SIMPLEX Mode komunikasi satu Arah DUPLEX Mode komnunikasi dua arah
  5. istilah definisi GSM Global System for Mobile, salah satu layanan komunikasi nirkabel. CDMA Code Division Multiple Access, salah satu layanan komunikasi nirkabel . SMS Short Message Service, Layanan Pesan Singkat melalui jaringan seluler MMS Multimedia Message Service , Layan an Pesan Multimedia (teks, gambar, suara, video) melalui jaringan seluler Broadcast Siaran SIM Card Kartu memory untuk identitas pelanggan telepon seluler
  6. istilah definisi MP3 Format kompresi audio standar Ringtone Nada dering pada terminal telepon genggam Polyphonic Sumber bunyi dengan nada banyak (multi kanal) Monophonic Sumber bunyi dengan nada tunggal MP4 Format kompresi audio dan video standar Infrared Komunikasi data dengan infra merah Bluetooth Komunikasi radio dengan protokol Bluetooth
  7. Istilah-istilah pada komputer istilah Definisi Archive 1.Beberapa file yang telah digabung menjadi satu file. 2.Situs FTP yang menyimpan file atau program dalam jumlah yang banyak Cache Tempat penyimpanan lokal Channel Tempat bertemu di IRC di mana sebuah group yang terdiri dari beberapa orang dapat ngobrol bersama di internet. Client Satu (individu) komputer (biasanya berkemampuan lebih rendah) yang dapat menjalankan tugasnya berinteraksi dengan komputer utama ( server ), berkemampuan lebih tinggi) pada satu jaringan. DNS Domain Name System. Sistem yang digunakan untuk penamaan alamat URL .
  8. istilah definisi Field Suatu tempt - biasanya dalam sebuah formulir isian- untuk memasukkan informasi tertentu. Informasi yang terdapat pada satu field disimpan secara terpisah dengan field yang lain. Freeware Software atau program yang dapat di-download dari internet secara bebas . GIF Graphical Interchange Format . Suatu format file grafik/gambar yang digunakan secara luas di internet, karena ukurannya sangat kecil. JPEG Joint Photographic Experts Group. Format dari file gambar/grafik yang secara luas digunakan di internet, karena ukurannya yang kecil. JPEG dan GIF merupakan format-format file grafik "resmi" yang digunakan di halaman web ( web page ).
  9. File gambar dalam format lain (seperti PSD, TIFF, BMP dan sebagainya) hingga saat ini belum kompatibel untuk digunakan dalam halaman web . File JPG memiliki unsur warna yang lebih banyak ketimbang GIF , sehingg a file-file JPG biasanya berisi foto-foto berwarna. Adapun file-file GIF biasanya berisi grafik-grafik yang memiliki unsur warna yang lebih sedikit, seperti logo perusahaan dan sebagainya Log in Masuk ke sebuah halaman web yang memiliki otoritas sangat pribadi/rahasia. Untuk bisa masuk, biasanya kita
  10. Log Out Keluar dari sebuah halaman web yang memiliki otoritas sangat pribadi/rahasia. Log out perlu dilakukan untuk alasan keamanan, agar orang lain tidak bisa masuk ke halaman tersebut. Modem Modulator/Demodulator. Hardware yang memungkinkan komputer dapat bertukar informasi dengan menggunakan saluran telepon biasa. Modem merupakan salah satu perangkat yang harus kita miliki agar dapat mengakses internet.
  11. Off-line Memutuskan koneksi dari internet (atau jaringan komputer lainnya). Lawan dari online . Online Tersambung/terkoneksi ke internet (atau jaringan komputer lainnya). Lawan dari off-line . Protocol Beberapa aturan untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Satu tugas komputer, seperti mengirim email , dapat meliputi banyak protokol. Misalnya segrup protokol menjelaskan cara mengirim email dari komputer satu ke lainnya. Sementara grup protokol lain menjelaskan bagaimana data harus dijabarkan apabila pesan sampai di tujuan.
  12. Server Merupakan pasangan dari client . Jenis komputer yang memiliki kemampuan lebih tinggi dan cepat dari komputer lain. Dalam internet, server merupakan tempat penyimpanan dokumen-dokumen web milik situs web tertentu. Shareware Software yang dapat didownload dan dicoba sebelum dibeli. Apabila kita suka, kita tinggal membayar biaya registrasi ke si pembuat software tersebut . TCP/IP Transmision Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protocol jaringan yang digunakan untuk bertukar informasi di internet. TCP/IP bekerja dengan membagi informasi menjadi beberapa bagian (disebut dengan "paket"), dan mengirimkan bagian-bagian tersebut ke seluruh internet, kemudian menyusunkannya kembali Apabila tiba di tempat tujuan.
  13. Istilah-istilah pada komunikasi internet Istilah definisi Alias
    • Istilah sebuah icon pada mesin Macintosh yang digunakan untuk membuka dokumen, folder, atau program pada bagian lain di hard disk. Nama alias ditulis dengan huruf miring.
    • Nama lain untuk nickname yang digunakan dalam program chatting (ngobrol di internet).
    Bandwidth Jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu . Bandwidth biasanya ditentukan dalam satuan megabites per second (Mbps). Browser Singkatan untuk istilah Web Browser. Sebuah program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan fasilitas lainnya. Saat ini terdapat beberapa program browser paling populer di dunia, yaitu Internet Explorer, Firefox, Mozilla, Opera, MiniMo, dan Nestcape Navigator.
  14. Chatting Sebuah program yang memungkinkan kita bisa "ngobrol" dengan orang lain melalui internet. Akan tetapi media komunikasi yang digunakan bukan suara (ucapan lisan), melainkan tulisan yang kita ketik dengan keyboard komputer. Hasil "obrolan" kita dan lawan bicara kita akan tampil di layar monitor. Cookies Suatu mekanisme yang dipakai dalam koneksi oleh komputer server untuk menyimpan dan mengambil informasi yang terdapat pada komputer client . Dial-up Program Sebuah software yang mengontrol modem dan dan mengurusi semua proses komunikasi antara komputer dan ISP . Discussion Group Kumpulan nama yang kita buat sendiri untuk menjelaskan masing-masing kelompok Newsgroup dan mailing list . ( Catatan : Nestcape Corp. menggunakan istilah ini hanya untuk newsgroup.
  15. DNS Domain Name System. Sistem yang digunakan untuk penamaan alamat URL . Download Download Proses pengambilan file dari server di internet untuk disimpan di komputer client . Untuk proses sebaliknya, dinamakan upload . e-mail Sebuah program yang memungkinkan kita berkirim-kiriman surat elektronik melalui internet. FAQ Frequently Asked Questions. Dokumen penting yang berisi jawaban-jawaban atau penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan dari subjek tertentu . FAQ dalam sebuah web site adalah sebuah halaman web ( web page ) yang berisi jawaban-jawaban/penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pengunjung terhadap "isi" dari web site tersebut.
  16. FTP File Transfer Protocol. Suatu protocol (aturan) yang dipakai secara luas di internet untuk mentransfer file dari komputer yang satu ke komputer lainnya (atau dari komputer ke internet dan sebaliknya). Gateway Peralatan atau hardware yang memungkinkan informasi untuk berpindah di antara dua jaringan komputer yang berbeda . Homepage Halaman awal (pertama) pada sebuah web site (situs web). Homepage biasanya berisi beberapa link ke bagian penting lain dari sebuah situs web. Istilah homepage juga dipakai untuk menjelaskan halaman web pribadi/perorangan sebagai "rumah" mereka di dunia internet.
  17. HTML HyperText Mark-up Language. Bahasa program yang digunakan untuk membuat situs web ( web site ). File HTML adalah suatu format file yang dibuat dengan bahasa HTML dan biasanya dibuka dengan program browser . Satu file HTML bisa diidentikkan dengan satu halaman web ( web page ) HTTP Hyper Text Transfer Protocol. Salah satu protocol (aturan) yang digunakan untuk bertukar informasi di World Wide Web (internet). Intranet Internet dalam skala/cakupan yang lebih kecil. Biasanya dibuat untuk perusahaan atau organisasi tertentu. Mungkin bisa dianalogikan dengan LAN (Local Area Network) yang populer beberapa waktu lalu, sebelum munculnya internet.
  18. IRC Internet Relay Chat. Salah satu program untuk ngobrol ( chatting ) di internet. ISP Internet Service Provider. Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi ke internet. Apabila kita hendak memiliki akses internet di rumah atau kantor, biasanya kita harus berlangganan pada ISP tertentu. ISP bisa dianalogikan dengan PDAM (untuk berlangganan air) atau PLN (untuk memasang sambungan listrik). Kbps Kilobits per second (1024 bits per second ). Kecepatan per unit dari data yang dapat ditransfer. Link Lihat Hyperlink .
  19. Mailing List Daftar beberapa alamat email yang digabung menjadi satu alamat email untuk memudahkah proses pengiriman pesan. Apabila kita mengirim pesan ke sebuah alamat mailing list, semua email yang terdaftar sebagai anggotanya akan menerima pesan yang sama. Mirror Biasanya untuk menjelaskan suatu situs web ( web site ) yang isinya mengkopi atau menduplikasi isi situs web lain . Mirror bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi pada suatu jaringan. Modem Modulator/Demodulator. Hardware yang memungkinkan komputer dapat bertukar informasi dengan menggunakan saluran telepon biasa . Modem merupakan salah satu perangkat yang harus kita miliki agar dapat mengakses internet .
  20. Netizen Singkatan dari Internet Citizen. Seseorang yang memiliki akses ke internet. Netiquette Net Etiquette (etika berinternet). Kumpulan peraturan, sopan santun dan ketentuan yang diterapkan sehingga tercipta keteraturan dalam bersosialisasi melalui internet. Newbie Pendatang baru di dunia internet . Newsgroup Suatu group yang mendiskusikan topik yang sama di internet . NTTP Network News Transfer Protocol. Protocol yang digunakan untuk mentransfer informasi pada aplikasi newsgroup . Off-line Memutuskan koneksi dari internet (atau jaringan komputer lainnya). Lawan dari online .
  21. Online Tersambung/terkoneksi ke internet (atau jaringan komputer lainnya). Lawan dari off-line . POP Post Office Protocol. Protokol untuk mengurus penyimpanan pesan email pada ISP hingga kita siap untuk membacanya. Server Merupakan pasangan dari client . Jenis komputer yang memiliki kemampuan lebih tinggi dan cepat dari komputer lain. Dalam internet, server merupakan tempat penyimpanan dokumen-dokumen web milik situs web tertentu. Sign In Serupa dengan Log In
  22. Sign Out Serupa dengan Log Out SMTP Simple Mail Transfer Protocol. Salah satu protocol yang terlibat dalam proses pertukaran email . SPAM Istilah internet untuk menjelaskan segala macam pesan atau berita menjengkelkan, seperti email tak penting, iklan yang tidak diminta, email berantai, iklan di newsgroup , dan sebagainya. TCP/IP Transmision Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protocol jaringan yang digunakan untuk bertukar informasi di internet. TCP/IP bekerja dengan membagi informasi menjadi beberapa bagian (disebut dengan "paket"), dan mengirimkan bagian-bagian tersebut ke seluruh internet, kemudian menyusunkannya kembali Apabila tiba di tempat tujuan.
  23. Upload Mentransfer dokumen dari komputer kita ke komputer server. Contohnya adalah saat kita mentransfer file HTML dari komputer ke homepage . Untuk proses sebaliknya, disebut download . URL Uniform Resource Locator. Sistem penamaan alamat situs web ( web site ). Alamat URL adalah alamat halaman web ( web page ) tertentu. Misalnya, alamat URL untuk Yahoo! mail adalah http://mail.yahoo.com/ . Web Page Satu halaman web (tunggal) yang merupakan bagian dari sebuah situs web ( web site ) secara keseluruhan. Satu web page umumnya identik dengan satu file HTML . Karena homepage hanya terdiri dari satu halaman web (satu file HTML), maka homepage juga dapat disebut sebagai sebuah web page.
  24. Web Site Disebut juga site, situs, situs web , atau portal . Merupakan kumpulan halaman web yang berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Halaman pertama sebuah web site adalah homepage , sedangkan halaman demi halamannya secara mandiri disebut web page . Worl Wide Web Salah satu cara (fasilitas) bagaimana kita dapat saling bertukar informasi di internet. Sebagian orang berpendapat World Wide Web (WWW ) berbeda dengan internet. WWW adalah dunianya, sedangkan internet adalah nama jaringannya.
  25. Thanks for your nice attention

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mudah setting DHCP server di Mikrotik

Memperbaiki Flashdisk Tidak bisa di Copy

Langkah Mereset error ink cartridges are not installed properly (error E5)