Procedure & Cara Mengatasi Masalah PC Client dan PC Server Hang

Aplikasi scWBS 2007 (baik untuk PC Client maupun PC Server) bisa mendadak berhenti jalan, jika terjadi salah satu sebab dibawah ini :


  • PC Client hang
    Jika terjadi masalah ini, maka anda tinggal merestart / mematikan tombol Power dan menghidupkan lagi PC Komputer anda , dan setelah itu, tinggal jlankan ulang aplikasi PC Client, transaksi secara otomatis akan dilanjutkan / direcovery.

  • PC Server yang hang
    Jika terjadi PC Server yang hang, maka dalam hitungan lebih kurang 30 detik sampai dengan 1 menit (apabila PC Server masih dalam keadaan hang), semua PC Client yang sedang melakukan transaksi (dalam arti ada user yang sedang log in ke aplikasi scWBS 2007 PC Client, karena mereka sedang mengakses Internet, dll sbgnya), maka semua PC Client yang sedang aktif saat itu (sedang jalan transaksinya) akan mengeluarkan pesan bahwa PC Server terdeteksi dalam keadaan “Hang”. Aplikasi PC Client juga akan otomatis “exit” dari transaksi yang sedang berjalan, karena dalam keadaan PC Server anda hang, masing-masing PC Client tidak bisa menulis transaksi ke PC Server. Tetapi, PC Client akan menyimpan waktu terakhir (durasi terakhir) sebelum PC Server hang.
    Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah :
    - Hidupkanlah PC Server anda lagi (restart), kemudian jalankan ulang aplikasi PC Server
    - Setelah aplikasi scWBS 2007 PC Server telah jalan, maka anda bisa menjalankan ulang semua aplikasi scWBS 2007 PC Client yang sempat terhenti, dan transaksi-transaksi yang terhenti, otomatis akan dilanjutkan lagi.
  • Jika Gangguan Listrik Padam (sehingga PC Client dan PC Server sama-sama mati)
    Langkah yang harus dilakukan adalah sama dengan langkah Nomor 2, yaitu :
    - Pastikan nyalakan dulu PC Server dan jalankan ulang aplikasi scWBS 2007 PC Server
    - Setelah aplikasi scWBS 2007 PC Server jalan, baru jalankan ulang semua aplikasi scWBS 2007 PC Client, dan transaksi-transaksi akan kembali diteruskan.
    Dibawah ini diberikan salah satu contoh jenis Hang, yaitu Hang Jenis No. 1, dimana jika PC Client yang hang :


    a.) Tampilan Layar PC Client sebelum Hang :




    Perhatikan daerah yang dilingkar :
  • Lingkaran Kuning : Durasi Main : 00:11:00 – Tarif = Rp 100,00
  • Lingkaran Merah : Happy Hours : 0 (ini dikarenakan memang pada contoh ini, tidak diset Happy Hoursnya / Happy Hours memang sama dengan 0)

b.) Dibawah ini adalah tampilan setelah PC Client dinyalakan ulang, dan aplikasi scWBS 2007 PC Client dijalankan ulang lagi. Kita bisa melihat bahwa transaksi bersangkutan dilanjutkan dan bukan kembali ke Nol.






Informasi Tambahan :

scWBS 2007 mempunyai suatu perhitungan/ kalkulasi yang sudah fix, apabila terjadi salah satu jenis Hang diatas.
scWBS 2007 tidak akan menghitung durasi selama Hang tersebut terjadi. Jadi hanya akan menghitung pada saat durasi terakhir sebelum PC bersangkutan Hang.
Contoh :
Jika Pemakai sudah mengakses selama 00:35:00 dan Tarif = Rp 4,000.
Jika pada saat itu, pemisalan PC Server hang (listrik padam, dll sbgnya), dan pemisalan listrik atau server baru bisa “on” lagi setelah 15 menit, yang menyebabkan pemakai harus menunggu, karena tidak ada koneksi ke Internet, maka waktu 15 menit ini tidak akan dimasukkan sebagai kalkulasi dalam tariff yang akan dikenakan kepada pemakai.