AGREGATE FUNCTION DAN PHP MY ADMIN

 Agregate Function
Selain dari pengolahan record-record, SQL juga menyediakan fungsi-fungsi agregate dalam SQL adalah untuk menghitung hasil tampilan. Karena ia sifatnya adalah untuk di tampilkan maka fungsi tersebut  tergolong dalam bagian sintak select. Beberapa jenis fungsinya  antara lain :
Nama fungsi Fungsi
sum() Menghitung jumlah ekspresi numerik
avg() Menghitung rata-rata ekspresi numerik
min() Menghitung angka minimal ekspresi numerik
max() Menghitung angka maksimal ekspresi numerik
count() Menghitung jumlah non-null ekspresi
count(*) Menghitung jumlah baris

Untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut :

Dari table di atas, perhatikan pada kolom telepon dan umur, karena kedua kolom tersebut yang memiliki value aritmatika.
Perhatikan sintak dasar dari function aggregate di bawah ini :
mysql>select aggregate_function(nama_field) from nama_table;
contoh 1:
select sum(umur) from data;
Perhatikan hasilnya dalam gambar berikut :

Dari gambar di atas jelas bahwa fungsi dari sum adalah menjumlahkan seluruh data yang bersifat arimatika.. Sedangkan kalau data yang ada di dalam kolom tersebut tidak bersifat arimatika (angka) maka hasilnya adalah nol. Sedangkan bila dalam satu kolom terdapat berbagai jenis data seperti data angka maupun data kata/kalimat maka data yang terbaca adalah data aritmatika dan data non angka di anggap tidak ada atau nol.
Contoh 2:
Select avg(umur) from data;
Maka hasilnya adalah :

Seluruh data di jumlahkan kemudian di bagi dengan banyak data, sehingga menghasilkan data seperti di atas.



Sub Agregate Dengan Group By


Fungsi Group By adalah untuk menyatukan antara beberapa field dalam sebuah table di mana salah satu field atau lebih menggunakan agregate function. Misalnya, jika kita ingin menampilkan nama dengan rata-rata umur setiap pelajar maka kita harus menggunakan sintak :
mysql>select field1, aggregate_function(field2) from nama_table order by field1;
contoh :
select alamat, avg(umur) from data group by alamat;
Maka hasilnya ada di gambar  bawah ini :


Menyaring Hasil Agregate Function

Untuk menyaring tampilan setelah dilakukan fungsi agregate, maka harus menggunakan keyword having. Misalnya untuk menyaring pelajar dengan umur di bawah 19 tahun, maka sintaknya adalah :
mysql>select field1, aggregate_function(field2) from nama_table group by field1 having agragate_function(field2) operator_perbandingan valuefield;
contoh :
select alamat, avg (umur) from data group by alamat having avg(umur) >20;
Maka hasilnya adalah :


PHPMYADMIN
Instalasi
Phpmyadmin merupakan software yang digunakan untuk memudahkan bagi seseorang untuk membuat suatu database dengan cepat tanpa harus mengetik secara manual di Dos-Prompt. Software ini dapat di download di http://www.phpwizard.net.
Setelah di download dan di ekstrak maka hasilnya letakkan di folder di mana kita posisikan document Root web server kita. Peletakan ini akan kita pelajari pada modul PHP yang akan datang. Namun sebelumnya ada file yang perlu di edit, yaitu file yang bernama config.inc.php3. Di dalam file ini ada beberapa kalimat yang harus di edit yaitu
Pada bagian user dan password. Pada kedua baris itu kita harus menyamakannya dengan kondisi ketika kita pertama kali menginstal MySQL melalui Dos_Prompt. Jika user-nya root maka tulis di bagian tersebut root, dan jika password MySQL-nya smkti maka letakkan kata smkti di baris tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi perhatikan gambar di bawah ini :

Setelah selesai mengeditnya kemudian muka webserver yang telah ada yaitu apache kemudian buka browser IE atau netscape, tulis di addressnya dengan localhost, maka secara otomatis browser akan membuka directory document root yang telah kita buat sebelumnya. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai pembuatan web server dengan apache dan menjalankan server-side scripting yaitu PHP, akan kita bahas pada modul berikutnya.

Cara Kerja PhpMyadmin

Setelah berhasil masuk kedalam localhost maka kita masuk kedalam folder PhpMyadmin yang telah kita letakkan sebelumnya. Kemudian klik dua kali file index,php3 yang digunakan untuk menjalankan software tersebut. Ada cara lain tanpa harus mengklik file index.php3 yaitu mengedit file httpd.conf pada bagian “Directory Index” kita harus menulis ekstention .php3 atau .php agar ketika browser membuka folder tersebut, file tersebut otomatis terbuka tanpa harus mengklik file tersebut.
Setelah software tersebut bekerja maka akan tampil browser seperti gambar di bawah ini :

Pada browser tersebut tampak beberapa bagian yang menyatakan nama database yang telah kita buat sebelumnya dengan menggunakan Dos-Prompt yaitu di sebelah kiri gambar sedangkan di sebelah kanan tampak suatu kolom yang di peruntukkan untuk membuat suatu database yang baru. Kalau kita tidak ingin membuat database yang baru dan hanya ingin mengedit database yang lama maka anda cukup mengklik nama database yang telah ada di sebelah kiri tersebut, maka Phpmyadmin akan membawa anda ke halaman lainnya yang berupa tempat editing database lengkap dengan field dan valuefieldnya.
Dalam modul ini kita akan membuat suatu database yang baru dengan nama database registrasi. Untuk itu kita tinggal menuliskan kata registrasi di klom yang telah tersedia kemudian klik button create.
Maka akan tampil suatu tampilan sebagai berikut :

Pada bagian paling bawah yaitu create new table, di bawahnya terdapat field name dan fields. Kedua kolom tersebut adalah digunakan ketika kita ingin membuat table baru di dalam database tersebut. Misalkan nama tablenya adalah data dan banyak fields-nya adalah 4, kemudian tekan button “go”. Maka akan tampak tampilan sebagai berikut :

Pada gambar di atas, banyak fieldnya kurang lengkap, hal ini karena keterbatasan kertas. Untuk lebih jelasnya lagi, anda dapat melihatnya sendiri jika telah berhasil menjalankannya. Di dalam gambar tersebut anda tinggal memasukkan nama field, typefield, besar tipefieldnya dan apakah kita posisikan field tersebut sebagai primary key atau tidak. Untuk kondisi primary key di gambar atas tidak kelihatan. Posisinya ada di sebelah paling kanan dari gambar.
Setelah semuanya di isi, maka tekan button save, maka anda akan di tampilkan suatu halaman lainnya yaitu :



Pada gambar di atas, tampak pada bagian di atas adalah sintak SQL yang jika kita tulis di tampilan Dos_Prompt akan sama hasilnya yaitu akan menghasilkan suatu table dengan nama data dan nama fieldnya adalah nama, alamat, telepon, dan umur. Pada halaman ini kita dengan mudah memasukkan data ke table yaitu dengan menekan dua kali kata insert, maka kita akan di tampilkan suatu field-field yang memiliki nama seperti yang kita buat sebelumnya. Untuk melihat seluruh hasil input ke database, kita cukup mengklik kata browse, maka kita akan di tampilkan seluruh isi field yang telah ada.

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari