Pedoman Umum Merawat Notebook

Notebook ibarat teman setia, baik sekedar hoby atau tuntutan pekerjaan yang mengaharuskan kita senantiasa tidak bisa jauh dari notebook. Begitu pentingnya sebuah notebook, hendaknya kita memperhatikan hal-hal kecil dan sepele yang bisa membahayakan keselamatan notebook. Ini penting untuk memperpanjang umur notebook dan penghematan biaya service atau ganti sparepart.

Berikut adalah pedoman umum merawat notebook atau laptop.

1.    Jangan bekerja  pada lingkungan dengan suhu diluar yang direkomendasikan produsen  notebook. Anda dapat membaca di buku manual tentang suhu aman untuk notebook. Umumnya produsen merekomendasikan suhu antara 5 hingga 35 derajad celcius. Bila bekerja dengan floppy, temperature minimal 10 derajat celcius.
2.    jangan bekerja pada kelembaban udara yang terlalu rendah atau tinggi. Biasanya kelembaban udara yang direkomendasikan produsen adalah 8-80%.
3.    Sirkulasi udara harus terjaga. Usahakan untuk meletakan notebook ditempat datar, dan jangan meletakan notebook ditempat tidak datar seperti diatas kasur, gabus, atau bantal saat notebook bekerja.
4.    ketika dibawa berpergian, hendaknya membawanya dengan tas khusus laptop dan hindarkan tas penuh dengan barang-barang lain.
5.    nyalakan laptop secara rutin setiap hari setidaknya selama 30 menit hingga satu jam. Bila tidak digunakan dalam waktu lama, hendaknya simpan ditempat terlindung, bersuhu baik dan tidak lembab. Lepas baterai dari bodinya.
6.    letakan notebook ditempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak. Dan dampingi anak-anak saat belajar menggunakan laptop.
7.    jangan bekerja terlalau dekat dengan perangkat elektronik lain seperti tv,amplifier, kulkas, microwave oven. Jarak paling dekat adalah radius 15-20 centimeter.

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari