Membuat Logo/Rantai Berkait dengan Corel Draw


Membuat Logo dengan corel Draw / Rantai Berkait dengan Corel Draw

Jika anda seorang desainer pembuat logo, ada sebuah cara paling gampang membuat sebuah gambar saling berkait. Contohnya menggambar sebuah rantai. Fasilitas yang disediakan oleh Corel Draw sebenarnya sudah lumayan lengkap tetapi fasilitas ini bukan tools bawaan siap pakai seperti tools-tools yang lain yang langsung bisa tinggal klik begitu aja. Mau tau caranya? Gampang. Ikuti aja tutorial dibawah ini....



1. Sebelum memulai, Pastikan Pengaturan Sbb :
Klik Tools – Options, seperti gbr:
Pada box dialog options di bawah Workspace pilih Edit. Hilangkan tanda Cek pada Kotak “Auto center new PowerClip content” Klik OK.
2. Buat Gambar Lingkaran seperti rantai dengan cara: Buat lingkaran 1 kemudian gandakan atau buat baru lagi dengan lingkaran ke 2 lebih kecil dari lingkaran 1 dan saling tumpang tindih.
3. Selanjutnya beri warna terserah, sebagai catatan, lingkaran ke 2 hanya akan kita pakai untuk memotong lingkaran 1 jadi tidak masalah jika kita beri warna ataupun tidak.
4. Langkah selanjutnya adalah, blok kedua gbr lingkaran tersebut dengan cara klik pada sudut kiri atas luar lingkaran kemudian seret ke arah kanan bawah lingkaran, maksudnya supaya kedua gbr menjadi terseleksi.
5. Selanjutnya, akan muncul beberapa tombol diatas layar, cari dan klik tombol Simplify. Jika sudah, klik lingkaran kedua dan tekan Delete untuk menghapusnya. Nah sekarang gbr lingkaran 1 telah bolong.
6. Atau dengan cara lain :
Buat Gambar Lingkaran, Gandakan Gbr dengan Klik Copy – Paste. kemudian klik salah satu node di sudut gbr kemudian tekan shift trus seret ke arah tengah lingkaran untuk membuat lingkaran kedua menjadi lebih kecil dari lingkaran pertama.
7. Selanjutnya blok kedua gbr tersebut kemudian klik Toolbar "Back Minus Pront" untuk menyatukan gbr.
8. Berikutnya gandakan lagi gbr tersebut kemudian seret ke samping dan posisikan agar kedua sisi saling tumpang tindih pada posisi yang akan saling berkait. Agar mudah, beri warna berbeda aja kedua rantai tersebut untuk sementara.
9. Selanjutnya buat gbr kotak memanjang dengan Rectangle Tools memanjang mencakup semua area pertemuan kedua sisi rantai. Lihat gbr berikut:
10. langkah berikutnya, gandakan lagi gbr rantai 1 (kiri) dengan Copy - Paste, kemudian klik 1x gbr hasil copyan tersebut trus klik Menu Effect - PowerClip - Place Inside Container. Selanjutnya Cursor akan berubah menjadi Tanda Panah Besar. Klik tanda panah tersebut di tengah gbr kotak di area kosong (jangan diatas gbr 1 dan 2). Maka hasilnya akan seperti gbr berikut ini:
11. Setelah itu hilangkan Outline pada kotak dengan cara klik 1x kotak tersebut untuk menyeleksi kemudian klik Outline Tools trus pilih No Outline.
12. Nah selesai sudah...semoga bermanfaat, kurre sumanga' by Pozza.
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mudah setting DHCP server di Mikrotik

Memperbaiki Flashdisk Tidak bisa di Copy

Langkah Mereset error ink cartridges are not installed properly (error E5)