Cara mengatasi Koneksi warnet yang lambat

Memiliki bisnis warnet biasanya kecepatan akses internet adalah hal yang harus menjadi perhatian disamping disain dan tata ruang serta harga jual yang murah. kalau membahas masalah disain dan harga jual mungkin tiap orang punya cara tersendiri dan punya trik tersendiri agar usahanya lancar dan ramai.
Disini saya mencoba membagi pengalaman mengenai masalah akses internet di warnet yang lambat.  dan saya memfokuskan kepada pengguna ISP speedy karena menurut saya saat ini banyak sekali warnet yang menggantungkan usahanya dengan isp speedy milik telkom ini. jadi pada tulisan ini kita batasi warnet yang menggunakan speedy saja biar gak nyimpang sana sini.
tulisan ini juga saya ramu dari pengalaman dan temuan saya di beberapa warnet yang pernah saya kunjungi dengan masalah masalah yang mereka hadapi.
biasanya pemilik warnet mengeluhkan koneksi speedy yang lambat, nah kata lambat disini sebenarnya banyak faktor yang menentukannya. Koneksi internet speedy lambat itu wajar karena speedy adalah layanan broadband dengan tingkat share yang banyak sekali hehehe.  Nah karena karakteristik dari layanan ini sudah tahu  jadi kita harus mau gak mau faham kalo speedy itu kadang lambat kadang cepet.
ada beberapa faktor yang perlu kita perhatikan dalam  melihat lambat tidak nya koneksi speedy di warnet kita. Biasanya pemilik warnet melakukan test ping ke dns milik speedy dan kadang mendapatkan sebuah fakta bahwa terjadi time out saat melakukan ping ke beberapa ip dns milik speedy. kalau  menurut saya paramater ini tidak bisa di jadikan sebagai sebab lambatnya koneksi internet speedy  kita. ada banyak hal lain yang menyebabkan koneksi internet speedy jadi lambat.
hal hal yang perlu di perhatikan adalah :
perhatikan status dimodem speedy kita, login dan perhatikan di statusnya. lihat profile yang dikasih sama speedy apakah sesuai dengan paket yang kita beli. kemudian lihat juga di modem tadi status marginnya apakah bagus, wajar atau jelek.
Nah jika semua normal dan ternyata koneksi warnet kita masih lambat juga, sekarang kita masuk ke tahap PC yang kita miliki, perhatikan apakah pada saat pc di warnet kita idle, modem memiliki aktifitas yang sangat sibuk. Karena di beberapa kasus yang saya temui di lapangan bahwa kadang di sebuah warnet terdapat banyak virus, worm yang menyebar mengirimkan paket via port email smtp ke banyak ip tujuan di internet sehingga trafik di modem jadi berat walau kondisi pc warnet idle, kalau memang kasusnya seperti ini maka kita harus memperbaiki sistem pc kita serta menambahkan firewall di sistem warnet kita, firewall sendiri bisa kita gunakan firewall dari modem atau firewall tambahan seperti mikrotik router indoor.
nah kalau kedua masalah tadi juga normal di warnet kita, maka kita harus memperhatikan pc warnet kita, yang dimaksudkan lambat disini apakah lambat koneksinya atau lambat pc nya, kalau lambat pcnya berarti kita harus upgrade pc atau kalau pc lambat karena virus, spyware dll maka kita harus memperbaiki sistem pc kita bisa berupa install ulang atau memperbaikinya menggunakan tools  yang ada, untuk masalah tools ini saya rasa banyak yang tahu dan kadang bisa didapat dengan  mudah di internet.
Kemudian masih lambat juga padahal semua pada kondisi normal, tidak ada virus, modem statusnya normal dan baik, kita harus memperhatikan juga bahwa  jumlah pc client / atau kbu atau apalah namanya dengan kondisi koneksi isp kita serta penggunaan usernya seperti apa. kadang di lapangan saya menemukan warnet 20 pc dengan koneksi 1 line speedy office, dimana saat full warnet nya beberapa user triak lagg, dc, dll.  Nah  kalau kasusnya seperti ini kita harus siap siap untuk memanage bandwidth di warnet kita supaya terbagi merata dan lancar. Biasanya sih sekarang orang orang pake mikrotik untuk mengatur ini ada juga dengan menambahkan Proxy server squid yang membantu cache beberapa file yang sering di akses oleh user.
Nah dari beberapa permasalahan tadi, banyak ditemukan bahwa warnet itu tidak memiliki bandwidth management, memiliki virus dan worm di beberapa pc client atau pc biling nya sehingga koneksi jadi lambat karena penggunaan bandwidth nya tidak di atur dengan baik.
Jadi saran saya kalau bisa gunakan bandwidth managemen dan firewall di tingkat modem yang bisa berupa router mikrotik, linux proxy dan sejenisnya. atau bisa  meggabungkan beberapa fitur sekaligus.
Secara garis besar penambahan perangkat router, firewall, proxy tidak akan meningkatkan kecepatan, kalau kita dapet dari ispnya 1 mbps mau pasang alat apaun tetep saja dapetnya 1 mbps, tapi disini dengan  memiliki alat management tersebut dan di setting dengan baik, mita akan bisa memanfaatkan speed 1 mbps tadi dengan sebaik baiknya dan secukup cukupnya atau se optimal optimalnya hehehe.  Jadi harus di bedakan persepti mempercepat dengan mengoptimalkan. kalau cepat dan tidak optimal itu sama saja seperti kita berkendara menggunakan motor sport di jalan raya yang banyak lampu merahnya, dan banyak pasar tumpah nya pasti macet juga. Tapi kalau di optimalkan itu sama saja kita berpergian menggunakan kereta, walau lambat tapi jalan lancar kurang lebih seperti itulah kondisinya.
Catatan : untuk isp speedy kadang kecepatan dalam dan luar negeri itu jauh berbeda,  jadi kalau akses ke situs dalam negeri yaitu situs situs yg di hosting di dalam negeri bisa saja cepat, tapi pada saat akses ke situs luar negeri seperti facebook dll bisa saja sangat lambat. ini kalau saya perhatikan sangat sering terjadi akhir akhir ini. Sebenarnya wajar kalau saya melihat memang koneksi internasional dari speedy memang kecil sekali ketimbang akses ke jalur IIX nya dan sepertinya disinilah letak jumlah share dari speedy.
sumber"http://www.deskapahendri.com/2010/07/23/cara-mengatasi-koneksi-warnet-yang-lambat/

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari