Cara Menjadikan Video 3GP Menjadi VCD

Sayang software yang beredar saat ini belum ada yang dapat langsung mengubah format 3gp menjadi VCD atau DVD. Mampunya hanya mengubah format video 3gp menjadi avi. Namun berdasarkan pengalaman penulis, hasil konversinya tidak bisa diubah menjadi VCD oleh software pembakar CD seperti Nero secara langsung. Ini karena hasil konversi berformat RAW AVI.

Ada cara mengakalinya; mudah, gratis, dan tanpa penurunan kualitas (kualitas 3GP). Banyak software yang dapat mengubah format 3gp menjadi RAW AVI di antaranya ImTOO 3GP Converter dan MIKSOFT Mobile 3GP Converter. Di sini kita pilih MIKSOFT Mobile 3GP Converter karena program ini sederhana, gratis, dan hasil konversinya cukup baik. Kita bisa mengunduhnya di www.miksoft.net/mobile3GPconverter.htm. Software ini mengubah berkas (file) video 3gp Anda ke format RAW AVI.

Caranya:

1. Install dan buka software tersebut.

 
2. Pilih 'single file conversion' untuk konversi 1 berkas 3gp saja atau 'multiple files conversion' untuk konversi lebih dari 1 berkas 3gp sekaligus. Klik tombol ‘+’ untuk menambahkan berkas-berkas 3gp yang akan dikonversi dan tentukan folder lokasi hasil konversinya. Lalu klik 'Convert Now!'.
 
3. Jalankan Windows Movie Maker, klik [Start] > [Programs] > [Windows Movie Maker].
 
4. Nah sekarang kita fokus pada Window Movie Maker. Pilih 'Collection' pada icon toolbar. Buka berkas-berkas hasil konversi tadi atau drag and drop berkas-berkas tersebut dari Windows Explorer ke Window Movie Maker.
 
5. Kemudian pilih berkas video pada 'collection tree' dan drag and drop ke bagian 'timeline'. Perhatikan, video-video pada 'timeline' nantinya akan disimpan dalam 1 video, jadi jika perlu pilih susunan urutannya dan edit agar tampilannya dirasa pas.
 
6. Setelah itu simpan berkas film dengan menekan tombol [Ctrl] + [P] pada keyboard secara bersamaan. Pilih [My Computer] dan klik [Next].
 
7. Isi nama berkasnya dan tentukan folder tempat video ini akan disimpan dan klik [Next]. Pilih [Best quality for playback on my computer] atau pilihlah [High Quality Video (PAL)] pada 'Other setting'. Pada 'setting details' pastikan display size yang tertinggi 720 x 576 (format PAL DVD) sesuaikan dengan kapasitas hard disk Anda. Pemilihan setting high quality ini bertujuan bukan untuk memperbaiki kualitas video 3gp menjadi sekelas DVD, tetapi untuk mempertahankan atau mengurangi penurunan kualitas saat konversi menjadi VCD. Kemudian klik [Finish].

Selesai sudah! Sekarang video hasil rekaman ponsel bisa Anda tranfer ke VCD dengan bantuan software pembakar CD, seperti Nero Burning ROM./*

Semoga bermanfaat ...
sumber: http://uangmayainternet.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mudah setting DHCP server di Mikrotik

Memperbaiki Flashdisk Tidak bisa di Copy

Langkah Mereset error ink cartridges are not installed properly (error E5)