Tips – Cara Cepat Convert DVD menjadi VCD


Komputer Online Tip – Cara Cepat Convert DVD menjadi VCD, siapa yang ingin belajar pastinya akan mendapat suatu keuntungan, begitu juga dengan siapa yang mau belajar membaca, maka dia akan mendapatkan ilmu yang berguna, dan siapa yang ingin berbagi maka pahala sudah pasti akan di dapatkannya, begitulah dengan saya, yang pada kalimat akhir itu yang saya utamakan. dengan mencvari ilmu dengan berselancar di internet akhirnya saya mendapatkan suatu cara cepat untuk convert DVD ke VCD. tulisan ini merupakan kutipan dari site obengware, semoga saja ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Ide dan perlengkapan
  • Ingin mengkoleksi Film lama tapi hanya ada versi DVD
  • VCD player ada, DVD enga
Perangkat yang dibutuhkan (usahakan pinjam, jangan beli rugi) :
  • Computer super cepat, usahakan diatas 2GHz untuk kecepatan CPU.
  • CD-Writer plus CD blank
  • Software burning untuk VCD
  • DVD-ROM
  • DVDx software
Pemakaian software DVDx

Tahapan pertama, temukan file DVDx dan jalankan di computer super cepat (Gambar atas).
Karena bentuk DVD film terdiri dari beberapa bagian misalnya terdapat film intro, maka pertama kali yang dilakukan adalah memilih file DVD yang akan dikonversi.
Untuk mengenal film utama sangat mudah, pada icon program DVDx pilih “Open DVD root” dan pilih file root yang memiliki durasi terpanjang.
Setelah dipilih film yang akan dikonversi selanjutnya menentukan bentuk input dari DVD.
Proses selanjutnya cari icon Input
Pada gambar dibawah ini adalah setting input yag telah digunakan untuk merubah file DVD ke VCD dan berhasil dengan baik. Anda dapat merubah efek suara serta setting bentuk mutu gambar bila menginginkan. Pada setting “Save your DVD drive” adalah alokasi file yang akan diambil untuk mempercepat pengerjaan dari software. Bisa dipilih mengcopy ke RAM bila anda memiliki computer dengan RAM besar.



Proses selanjutnya cari icon output
Pada gambar dibawah ini adalah setting input, DVDx juga memiliki konversi file untuk SVCD serta AVI. Pilih format Video CD untuk konversi ke VCD format.
Jangan merubah resolusi, dan usahakan mengunakan 352X288 kecuali anda mengetahui standard format PAL atau NTSC pada VCD. Karena DVD memiliki ukuran layar yang dibagi atas Full screen atau Wide screen, untuk menyesuaikan tampilan pada monitor anda dapat merubah pada bagian Zoom. Jangan lupa mengclick “Whole” icon untuk mereset panjang frame dari Film DVD, karena bila terlupa, file DVD yang akan dikonversi hanya menghasilkan panjang sesuai pada data terakhir digunakan.

Jangan lupa menentukan panjang file VCD yang akan dihasilkan dari software, dan sesuaikan dengan media CD blank yang anda gunakan (gambar bawah).

Proses selanjutnya mengclick Encode dan nikmati lamanya mengkonversi DVD ke VCD. Dengan P4 2.53GHz, konversi film dengan durasi 1.5 jam membutuhkan waktu antara 2-3 jam dan lamanya proses tergantung dari pilihan serta kualitas gambar yang akan dihasilkan oleh software DVDx. Jangan lupa merubah Priority proses dari software ke High atau real time untuk memberikan kesempatan pada software DVDx mengambil resource processing secara penuh.
Jangan lupa untuk memberikan nama file yang dihasilkan dari software dengan mengclick “Select Output” dan berikan nama sesuai nama film.

Proses akhir, file VCD dengan bentuk MPG siap digunakan untuk membuat VCD. Gunakan Nero software burning untuk membuat VCD. Dan bila terjadi kesalahan pada proses konversi, kemungkinan Nero software akan melakukan encoding ulang.
Result
Apakah hasilnya akan sama dengan DVD asli, masih jauh, karena VCD memiliki ukuran gambar yang lebih kecil. Tetapi hasil dipastikan memiliki kualitas gambar yang lebih bersih (dari VCD bajakan).
Software dapat di cari di search engine dengan code “dvdx”
http://www2.labdv.com/dvdx
sumber : obengware

Artikel Menarik Lainnya


0 komentar:

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by uc1n.com Blog For uc1n-klik Blog untuk Artikel komputer dan artikel Yang di cari 2012

Blog seputar artikel komputer dan kehidupan sehari hari yang menyuguhkan informasi yang menarik upodate dicari