Hati-hati Memilih & Menggunakan Cooling Fan Tambahan di Laptop | kipas angin luar laptop

Hati-hati Memilih & Menggunakan Cooling Fan Tambahan di Laptop | kipas angin luar laptop malah bisa merusak laptop

Postingan berikut request dari sebelah kamar kos (pis mas xrizkix). Jadi postingan ini terinspirasi pengalaman beliau dengan cooling fan nya.

Suatu saat setelah hampir 2 semester sekolah lagi di UI depok laptop temen tiba-tiba ngedrop baterenya, yang awalnya betah dipanjer ampe berjam-jam kini hanya bisa beroperasi kurang dari 1 jam. Berbagai analisis ala detektif conan pun segera dilakukan. Mulai dari mencoba mengkambing-hitamkan merk laptop A*ER (Agak Cepat Rusak) sampai mengkait-kaitkan dengan hal-hal mistis :) -kalo ini tambahan biar agak lucu-
Sampai pada sebuah kesimpulan bahwa yang menjadi kambing hitam sementara adalah banyaknya tugas kuliah yang mengharuskan kami bekerja lembur dengan laptop yang mana saat lembur itu laptop dipaksa menjalankan aplikasi-aplikasi engineering yang berat bagi processornya.
Lalu kenapa ada kata sementara yang musti dicetak tebal? Karena laptop ane gapapa padahal merk dan jumlah jam terbang terbangnya hampir sama. Eh ga juga dink, laptop ane malah lebih tua usianya dibanding punya temen itu jadi wajar kalo baterenya juga emang dah agak lemah. :)

Oke.. Singkat kata ada sebuah even yang mengharuskan kami bersama-sama menghidupkan laptop berdampingan di kamar ane. Laptop temenpun dibawa lengkap dengan cooling fan tambahannya, punya ane juga ada cooling fan. Nha di sinilah mulai ketahuan kambing hitam yang sebenarnya ternyata adalah cooling fan punya temen itu.
Kenapa bisa gitu Gan? Gini-gini, kalau di laptop ane untuk cooling fan ane pakai USB hub yang dilengkapi dengan power supplay sendiri. Nah temen ini pas mau nancepin cooling fan ke laptonya dia merhatiin di cooling fan punya ane. Trus dia ijin nyoba pake USB hub ane untuk muter cooling fan nya.
Setelah cooling fannya terpasang ke USB hub ane, ada efek yang langsung terlihat pada lampu indikator USB hub. Intensitas cahayanya menurun. Lampu kelap-kelip yang ada di USB hub jadi meredup cahayanya. Wa langsung timbul kecurigaan kami. Dan tak lama kemudian lampu-lampu di USB hub benar-benar padam hal ini mengindikasikan bahwa cooling fan punya temen memiliki hambatan yang sangat sangat kecil sampai-sampai power supply USB hub ane cepet banget panasnya dan akhirnya ‘short’ dan tidak mau nyala lagi. Ampe skarang belum sempet bongkar, keknya ada sekring putus di dalam power supplay ane.
Jadi hati-hati pake cooling fan tambahan untuk laptop. Jangan ambil power langsung dari laptop usahakan pakai power dari luar. Atau pastikan dulu konsumsi daya dari cooling pad ente kecil. Cukup dengan 2 Fan aja. Jadi sampai dengan dipasang cooling fan laptop malah makin panas gara-gara bateray panas melayani sedotan daya dari fan. Ntar cooling fannya berubah jadi hoting fan  :)

source

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mudah setting DHCP server di Mikrotik

Memperbaiki Flashdisk Tidak bisa di Copy

Langkah Mereset error ink cartridges are not installed properly (error E5)